Saturday 18 October 2014

Ayo Kuliah Online

Kuliah jarak jauh, kuliah online, kuliah lewat internet, E-Learning dan berbagai nama lain yang mungkin masih ada yang belum disebutkan menjadi salah satu aspek untuk mewujudkan pembangunan sistem pendidikan di Indonesia.

Wakil Presiden Indonesia Boediono sebagaimana dirilis dailysosial.com (17-10-2014) secara resmi memperkenalkan kuliah online yang akan diimplementasikan di enam perguruan tinggi di tanah air pada kessempatannya di Kantor Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud, 15-10-2014).

Boediono juga sangat antusias menyambut kehadiran program kuliah online sebagai
penunjang kegiatan belajar mengajar jarak jauh tanpa terkendala ruang dan waktu.

Pemanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) nantinya juga mampu mengelola data pokok pendidikan (dapodik) yang juga diluncurkan pada kesempatan tersebut.

Program dapodik sendiri merupakan proogram pengelolaan data pendidikan yang bersifat relational dan longitudinal. Dengan adanya dapodik program-program pendidikan nasional mudah direncanakan, monitoring, dan evaluasi melalui program dapodik tersebut.

Adanya program kuliah online bertujuan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan bangsa Indonesia untuk menjadi insan cerdas dan selalu bisa belajar tanpa terhalang oleh ruang dan waktu.

Sejauh ini baru ada enam perguruan yang memperoleh lisensi kuliah online. Perguruan tinggi yang telah memperoleh izin penyelenggaraan kuliah online adalah; Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Gadjah Mada, STMIK AMIKOM Yogyakarta, dan Universitas Bina Nusantara.

Denngan adanya layanan kuliah online tersebut semoga internet memberi manfaat lebih banyak lagi dalam kehidupan umat manusia Indonesia khususnya dan layanan internet tersebut bermanfaat secara Global.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet