Saturday 7 December 2013

Mengenal Mesin Pencari

Tanpa kita sadari sebenarnya kita telah memanfaatkan layanan mesin pencari internet ketika kita membuka browser seperti mozilla firefox, Google Chrome, Internet Explorer dan browser lainnya, namun sebagian diantara kita tidak menyadari bahwa kita telah memanfaat layanan mesin pencari dalam kehidupan sehari-hari kita. Sebenarnya apa itu mesin pencari ? Apa manfaat mesin pencari untuk kita ?

Pernah menggunakan Google untuk mencari informasi yang kalian butuhkan ketika tidak tahu sesuatu kan ?

Nah Google adalah salah satu mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet pada saat ini. Sebagaimana sebuah produk ada pesaingnya demikian juga Google. Sebenarnya Google bukanlah mesin pencari pertama di internet, namun karena kelebihannya yang dimilikinya akhirnya banyak dipilih oleh pengguna internet.

Selain mesin pencari Google, mesin pencari lainnya yang bisa kita manfaatkan untuk mencari informasi yang kita butuhkan adalah
mesin pencari Yahoo, Bing, Ask, Baidu, webcrawler, Lycos, Dogpile, HotBot, Teoma, Exalead, InfoCom, AOL, GoodSearch, dan masih banyak mesin pencari yang lain.

Mesin pencari adalah sebuah sistem aplikasi/software yang didesain untuk mencari informasi dari informasi-informasi yang beredar di internet. Dengan teknik tertentu mesin pencari mengelompokkan informasi-informasi tersebut dan menyediakannya bagi pengguna internet yang sedang mencari informasi pada halaman hasil pencarian.

Hasil pencarian bisa berupa halaman situs, gambar, video, peta untuk mengetahui suatu daerah.

Mesin pencari berbeda dengan web directories online. Kalau dalam web direktori online yang mengelompokkan situs pada sebuah kategori tertentu adalah manusia. Mesin pencari menggunakan algoritma dan perayapan ke website dan mengumpulkan informasi yang didapat kemudian mengelompokkannya sesuai sistem mesin pencari tersebut.

Demikian teman-teman perkenalan dengan mesin pencari kita, Sekarang kalian telah lebih banyak mengenal mesin pencari bukan ?. Diantara kelima mesin pencari berikut, manakah yang banyak kalian gunakan ? Google, Yahoo, Bing, Ask, Baidu.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet