Sunday 8 December 2013

Apa Itu Domain Dan Webhosting

 Apa itu domain
Apa itu domain ? dan apa itu webhosting ? Dua tema yang berbeda namun tidak sedikit yang kesulitan untuk memahaminya, karena sudah terbiasa membeli produk paketan. Kita umpamakan kita membeli handphone baru teman. Ada handphone yang dijual terpisah dengan kartu perdana. Artinya ketika membeli handphone kita tidak mendapatkan kartu perdana secara otomatis. Ada handphone yang di bundling oleh produsen sehingga ketika kita membeli handphone di dalam stater packnya sudah ada kartu perdana. Semoga sudah mulai ada gambaran tentang apa itu domain dan webhosting.

Domain secara umum menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti wilayah, daerah, dan ranah. Ga da hubungannya yang teman dengan aktifitas berinternet. Untuk membedakan dengan istilah umum tersebut maka disebutlah nama domain agar memiliki makna khusus teman.

Dalam bidang teknologi informasi nama domain adalah nama unik
untuk mengidentifikasi nama server komputer pada jaringan komputer/internet untuk mempermudah menghapal nama server komputer dibandingkan kalau menghafalan deretan angka ip address.

Dalam istilah nama domain ada namanya Top Level Domain (TLD), sub domain, parked domain, transfer domain, dll. Pada kesempatan ini akan diulas tentang Top Level Domain dan Sub Domain.

Coba teman-teman perhatikan alamat blog manfaat layanan internet ini adalah http://manfaatlayananinternet.blogspot.com blog ini TLD-nya adalah blogspot.com dan sub domainnya adalah manfaatlayananinternet.blogspot.com sudah lebih terang kan teman.

Nama domain ada yang gratis dengan kita mendaftar pada layanan webhosting yang memberikan layanan webhosting mereka akan memperoleh alamat subdomain yang dapat mereka kelola sendiri. Jangan berharap memperoleh nama domain .com langsung karena domain .com merupakan domain komersial yang harus diperpanjang tiap tahun. Kalau pihak web hosting memberikan domain .com/.co.id lalu siapa yang akan membayar ke pihak registrar sebagai pengelola domain?

Pada tiap negara terdapat pengelola domain yang mengelola nama-nama domain khusus untuk negara tersebut. Kalau di negara kita yang berwenang mengenai masalah nama domain indonesia adalah pandi.

Berikut beberapa nama top level domain yang dikelola oleh pandi :
  1. .go.id nama domain ini diperuntukkan bagi organisasi resmi pemerintah dan instansi pemerintah indonesia
  2. .mil.id nama domain diperuntukkan khusus untuk militer indonesia
  3. .co.id nama domain ini diperuntukkan untuk perusahaan dan lembaga komersial Indonesia
  4. .or.id nama domain ini diperuntukkan bagi organisasi nirlama Indonesia
  5. lalu apa itu domain web id ? bagi teman-teman yang baru tahu nama domain .web.id diperuntukkan untuk badan informasi maupun pribadi warga indonesia
  6. Kalau teman-teman merupakan pihak yang bertanggung jawab TIK sekolah, domain yang digunakan untuk sekolah di Indonesia adalah sch.id
  7. Untuk lembaga akademik (universitas, akademi, sekolah tinggi tidak memakai TLD .sch.id teman, namun memakai TLD .ac.id
  8. dll

 APA ITU WEB HOSTING
Kalau merujuk ke id.wikipedia.org arti webhosting adalah "salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web/situs internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (MB) hingga terabytes (TB) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan.

Pada dasarnya sebuah server webhosting seperti komputer yang telah biasa kita kenal dengan menambahkan program server serta mampu untuk hidup dalam waktu 24 jam setiap hari tanpa harus dimatikan karena kalau komputer server mati maka semua situs yang menyimpan data webhostingnya pada komputer tersebut tidak bisa diakses.

Siapa yang membutuhkan layanan webhosting ? Siapa saja yang ingin menyebarkan informasi melalui internet, maka membutuhkan webhosting.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet