Sunday 8 December 2013

Mengenal Media Sosial

Setelah berbagi tentang mesin pencari, agar kita mengenal mesin pencari dan memanfaatkannya dalam kehidupan kita setiap hari. Pada kesempatan ini akan berbagi tentang media sosial.

Teman-teman sudah akrab dengan Facebook, Twitter, MySpace, Google +, Instagram dan bagi professional mengenal LinkedIn. Kalaupun belum bergabung dengan jejaring sosial tersebut, paling tidak pernah mendengar kan ?

Yang disebutkan diatas adalah contoh-contoh media sosial online yang banyak digunakan saat ini. Lalu apa sebenarnya pengertian media sosial itu ? Yuk kita mengenal media sosial lebih dalam lagi.

Kalau kita melihat ke id.wikipedia.org, sebagai ensiklopedia online yang banyak dijadikan rujukan dalam istilah-istilah tertentu berikut pengertian media sosial menurut wikipedia "Media sosial adalah
sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual".

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun diatas dasar ideologi dan teknologi web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content"

Layanan media sosial bisa berupa proyek kolaborasi yang mengizinkan usernya untuk mengubah, menambah, atau menghapus konten yang tidak sesuai topik yang bersangkutan contohnya wikipedia.org 

Diantara bentuk lain media sosial adalah blog atau microblog yang membebaskan para penggunanya untuk mengekspresikan kreatifitasnya asal sesuai peraturan-peraturan yang berlaku contohnya ya blogspot, microblog contohnya twitter.

Media sosial juga ada yang memfasilitasi anggotanya untuk saling berbagi konten-konten media, baik berupa konten teks, image/gambar, bahkan video seperti youtube.

Ada juga media sosial yang mengizinkan penggunanya untuk dapat terhubung satu sama lain dengan cara bertukar informasi pribadi sehingga dapat selalu terhubung dengan orang tersebut. Informasi pribadi dapat berupa foto-foto. Contoh media sosial dengan jejaring sosialnya yaitu facebook.

Layanan media sosial memiliki empat ciri utama, yaitu : pesan yang disampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa ke banyak orang melalui jaringan internet. Pesan yang disampaikan bebas tanpa ada moderator. Penyampaian pesan lewat media sosial cenderung lebih cepat tersebar dibandingkan menyampaikan melalui media lainnya. Penerima pesan yang menentukan waktu untuk berinteraksi.

Layanan media sosial pada umumnya memiliki beberapa atau bahkan semua dari ke tujuh hal berikut : Identitas, percakapan, berbagi, kehadiran, hubungan, reputasi dan kelompok.

Cukup sampai disini dulu teman-teman perkenalan media sosial yang bisa dibagi. Bagi teman-teman yang mengenal media sosial lebih dalam mohon tidak keberatan menambahkannya pada kolom komentar.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet