Thursday 12 December 2013

Apa itu Blog

Pada suatu hari dua sahabat yang telah lama tidak saling berkomunikasi alias lost contact bertemu kembali pada acara perkumpulan komunitas blogger. Seakan tidak percaya mereka saling sapa. 
Ali : Ini ahmad bukan ? 
Ahmad : ya benar, lo kamu Ali kan ?. Akhirnya kita bertemu kembali kawan, apa kesibukan kamu sekarang ?
Ali : Kesibukanku sekarang menjadi full blogger. Kalau kamu sendiri ?
Ahmad : Saya mengurus bisnis keluarga sama merawat blog sebagai ungkapan isi hati dan membagi kiat-kiat bisnis yang saya punya ke orang lain melalui blog yang saya punya.
Ali : Hebat kau kawan
Ahmad : kamu tadi bilang pekerjaan kamu sekarang sebagai full time blogger!? apakah mungkin mendapatkan penghasilan dari blog ?
Ali : Bisa kawan. Tidak mungkin saya menjadi full time blogger kalau tidak menghasilkan uang. Bagaimana saya bisa menafkahi keluarga ? Baiklah kawan saya pengetahuan seputar apa itu blog ?

Kalau kita bertanya ke wikipedia apa itu blog ? pengertian apa itu blog adalah "blog itu merupakan singkatan dari web log. Blog adalah aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut" sedang aktifitas ngeblog tersebut biasa disebut blogging.

Sebuah blog bebas diisi oleh pemilik blog sesuai tujuan dibuatnya blog tersebut. Dari sekedar tentang kegiatan harian, koleksi foto, koleksi foto perjalanan, tentang bisnis, blog tentang proses pembelajaran yang dilakukan guru, bahkan bisa juga dibuat oleh tokoh politik untuk mengungkapkan pandangannya dalam bernegara.

Secara umum blog memiliki ciri-ciri yang sama walaupun tidak ada kewajiban dalam hal berikut. Pada umumnya dalam sebuah blog ada hal-hal berikut :
  • Wilayah utama blog yaitu konten blog itu sendiri yang tersusun terbalik yaitu postingan terakhir berada pada urutan teratas. Tidak jarang juga sebuah blog membagi konten blog dalam kategori-kategori apabila blog tersebut berisi tentang banyak hal.
  • Postingan blog lama akan diarsipkan sesuai dengan waktu posting/ kategori konten blog.
  • Terdapat kolom komentar untuk blogger lain yang ingin menanggapi konten blog tersebut.
  • Daftar link ke blog terkait lainnya yang disebut blogroll
  • Terdapat fasilitas feed seperti RSS, RDF, Atom bagi yang ingin mendapatkan update konten melalui layanan feed reader.
Itulah kawan sedikit pengenalan apa itu blog ? Semoga menambah pengetahuan buat kamu kawan. Blog juga banyak macamnya lo! Mau tahu apa saja macam-macam blog ? Tunggu postingan tentang macam-macam jenis blog. Apa pengertian blog menurut teman-teman blogger ?

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet