Friday 13 December 2013

Macam Macam Jenis Blog

Setelah kita mengetahui apa itu blog pada postingan blog sebelumnya, bagi teman-teman yang belum membaca postingan apa itu blog silahkan baca artikel apa itu blog. Pada postingan kali ini penulis akan berbagi pengetahuan tentang macam-macam blog menurut jenisnya. Yuk kita baca apa saja macam-macam jenis blog. Banyak sekali blog yang ada di internet, dari sekian banyak blog yang ada di internet tersebut dapat dikelompokkan menurut jenisnya semoga bisa menjadi inspirasi buat teman-teman yang sedang bingung dalam membuat blog seperti apa. Berikut macam-macam blog menurut jenisnya :


  1. Blog pribadi; jenis blog pribadi merupakan jenis blog yang paling banyak. Blog pribadi merupakan catatan online, dan curahan hati dari penulisnya, maupun pemikiran si empu blog yang bersangkutan yang ingin dibagi ke sesama pengguna internet.
  2. Blog Topikal: blog yang berisi tentang topik-topik yang sedang hangat dan banyak dibicarakan orang. Blog topikal biasanya mengacu kepada perkembangan berita sehari-hari yang sedang hangat di kehidupan penulis/ negara bahkan peristiwa yang sedang hangat di dunia.
  3. Blog budaya: objek pembahasan blog budaya tentu saja tentang perkembangan kebudayaan pada suatu masyarakat/komunitas.
  4. Blog Bisnis: Blog bisnis merupakan alat untuk mengkomunikasikan suatu bisnis online maupun bisnis offline dari Netpreneur maupun entrepeneur. Topik yang dibahas seputar ekonomi dan bisnis.
  5. Mobile Blog: Informasi seputar gadget terbaru dan perangkat bergerak seperti handphone, accessories, smartphone dan tren mobile.
  6. Ilmu pembelajaran: apa itu blog pembelajaran ? namanya juga blog pembelajaran isinya pasti tentang pembelajaran, proses pembelajara, bagaimana menciptakan kondisi yang asyik untuk belajar.
  7. Blog Kolaborasi: namanya juga kolaborasi teman, isinya juga kerjasama yang dilakukan oleh para blogger untuk menjalankan suatu ide, bagaimana melaksanakan ide tersebut maupun masalah dan berbagai hal yang dapat dipecahkan permasalahannya secara bersama-sama.
  8. Blog marketing: namanya saja marketing pasti berkaitan dengan penjualan. Ya marketing blog merupakan blog yang digunakan untuk mempromosikan produk/jasa yang dilakukan oleh pemilik blog.
  9. Blog forum: blog forum adalah forum sederhana yang berkomunikasi melalui fasilitas komentar pada sebuah blog. Tentu saja forum lebih baik ketika ingin berdiskusi suatu hal di internet.
  10. Blog Directori: Namanya juga blog directori, blog ini merupakan kumpulan link ke blog lain yang di kelompokkan menurut kategori-kategori.
  11. Blog politik: Blog politik digunakan untuk kampanye politik untuk mendapatkan suara dari masyarakat seperti kampanye barrack obama untuk mengkapanyekan dirinya menjadi presiden.
  12. Blog Kesehatan: blog kesehatan dapat saja ditulis oleh professional kesehatan tentang pekerjaannya, berita kesehatan, tips sehat, dan informasi tentang kesehatan lainnya.
  13. Blog Perjalanan: Melalui blog perjalanan dapat dituangkan perjalanan wisata, bagaimana keadaan tempat wisata tersebut, tips-tips tentang perjalanan yang aman.
  14. Blog Hukum: Blog jenis blog hukum biasaya dibuat oleh pengacara/ mahasiswa hukum yang dibuat untuk menuangkan opini tentang produk hukung. Blog hukum juga sering disebut "blawgs".
  15. Blog Pengetahuan : blog pengetahuan memuat tentang sains dan ilmu pengetahuan alam semesta.
Ada jenis-jenis blog yang belum dikategorikan dan masuk dalam macam-macam jenis blog diatas teman-teman ? kalau ada silahkan menambahkannya di komentar.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet