Monday 9 December 2013

Tempat Ngeblog Gratis

Kalau dulu orang menulis catatan harian mereka dalam sebuah diary harian, Sekarang tidak sedikit yang menulis harian mereka pada catatan harian mereka yang dikenal dengan aktifitas ngeblog/ blogging. Konten blog tidak harus yang serius yang menguras pikiran untuk berfikir, segala aktifitas kita dapat kita tulis pada blog tentu dengan tetap menaati TOS pada tempat kita ngeblog. Secara umum hal-hal berikut tidak diperbolehkan oleh para penyedia layanan blog gratis yang bisa kita gunakan untuk sarana blogging.

Hal-hal yang tidak boleh kita posting pada tempat ngeblog gratis diantaranya posting yang berisi tentang SARA, NARKOBA, konten dewasa dan cerita dewasa, Penjualan manusia. Loh itu kan dalam dunia nyata memang tidak boleh. Ya begitu teman-teman netter apa yang tidak boleh dalam dunia nyata juga tidak boleh dalam dunia maya. Untuk penjelasan lebih detail silahkan dilihat TOS dari penyedia tempat ngeblog gratis yang teman-teman gunakan. Jangan sampai karena tidak memperhatikan TOS dari penyedia blog gratis tiba-tiba blog yang telah teman isi tersebut hilang dari internet (dibanned) penyedia layanan blog gratis.

Pada saat ini terdapat dua layanan ngeblog gratis yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet yaitu blogger dengan blogspot.com-nya wordpress dengan wordpress.com-nya. Apa persamaan antara blogspot dan wordpress ?
Keduanya sama-sama memberikan fasilitas untuk ngeblog gratis, keduanya mewajibkan untuk mendaftar agar dapat memanfaatkan blog gratis tersebut, keduanya sama-sama layanan internet. Ada yang mau menambahkan teman ?

Kalau diatas tentang persamaan antara layanan ngeblog blogspot dan wordpress yuk kita melihat perbedaan diantara dua tempat ngeblog gratis tersebut. Diantara perbedaan ngeblog di wordpress dan blogspot adalah :
  • Layanan blog wordpress memberikan fasilitas import postingan yang ada di blogger dengan kata lain pemilik blog gratis blogspot dapat memindahkan konten blog mereka ke wordpress namun tidak demikian dengan blogspot, karena blogspot tidak memberikan layanan import konten dari wordpress.
  • Mudah bagi pengguna Blogspot untuk drag & drop gadget untuk mempercantik dan kustomisasi tampilan blog sesuai keinginan pemiliknya, namun tidak demikian bagi pengguna wordpress gratis.
  • Wordpress pada form komentarnya lebih user friendly dari pada blogspot, namun apabila teman bisa mensettingnya form komentar blogspot juga bisa dibuat user friendly.
  • Dengan ngeblog di blogspot teman-teman dapat menjadi publisher Google Adsense dengan lebih mudah dibandingkan dengan ngeblog di wordpress.
  • Untuk menghindari komentar spam wordpress menanamkan plugin anti spam, sedangkan blogspot menghindari spam dengan cara moderasi sistem komentar blogger.
  • Dengan ngeblog di wordpress seiring perjalan waktu apabila teman punya domain dan hosting dapat memindahkan ke hosting tersebut, sedang blogspot memiliki fasilitas custom domain saja. Artinya teman-teman tetap menyimpan data blogspot cuma bedanya sekarang tidak ada akhiran blogspot.com-nya.
  • Apabila masih ada semoga teman-teman tidak ragu untuk menambahkan pada kolom komentar.
Selain kedua tempat ngeblog gratis  diatas masih banyak tempat-tempat ngeblog yang bagus yang bisa teman-teman coba. Berikut daftar 10 tempat untuk ngeblog gratis bagi teman-teman.
  1. Kompasiana.com: Layanan publikasi online kompasiana yang satu naungan dengan kompas yang memberikan fasilitas untuk blogging bagi pengguna internet.
  1. Blogdetik.com: layanan blogging berada dalam satu naungan situs portal detik.
  2. Tumblr.com: sebuah platform blog yang fokus pada penyuguhan posting dengan berbagai media.
  3. Xanga.com: layanan ngeblog gratis yang menyatu dengan layanan media sosial yang semuanya gratis bagi penggunanya
  4. Zoomshare: layanan ngeblog gratis yang memberikan kuota gratis sebesar 250MB kepada penggunanya.
  5. Edublog.org: merupakan layanan blog bagi dunia pendidikan.
  6. Dagdigdug.com: Layanan ngeblog gratis buatan indonesia ini menggunakan platform wordpress MU
  7. Blogsome.com: tempat ngeblog blogsome menyediakan beberapa tema pilihan yang dapat digunakan oleh penggunanya. Blogsome berpusat di Irlandia dan dibuat dengan menggunakan platform Wordpress MU sebagaimana dagdigdug.com.
  8. Blog.com: merupakan tempat ngeblog gratis yang mirip dengan wordpress.com. Blog memberikan kuota gratis sebesar 2 GB dengan bandwith tak terbatas bagi penggunanya.
  9. Blogabond.com: tempat ngeblog yang bagus bagi yang hobi traveler/melancong karena terintegrasi dengan peta dan fasilitas lainnya.
Manakah tempat ngeblog paling bagus diantara tempat-tempat ngeblog gratis diatas ? Tempat ngeblog yang bagus kalau teman-teman sekarang melakukan registrasi dan memulai aktifitas blogging. Tidak ada gunanya juga kalau tempat ngeblog yang bagus namun tidak ada konten di dalamnya bukan ?

Setelah mengetahui tempat ngeblog gratis, maka saatnya mengisi konten dan memaksimalkan seo blog. yuk kita lanjutkan membaca belajar seo blogspot untuk pemula

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet