Thursday 12 December 2013

Efek Negatif Jepret Foto

Seiring perkembangan teknologi smartphone yang semakin digandrungi oleh maniak gadget. Fasilitas camera yang seakan menjadi fasilitas standar smartphone pun semakin tinggi MP-nya. Hal ini membuat para pengguna smartphone membuat foto selfie. Selain membuat foto selfie pengguna ssmartphone juga suka jeprat-jepret foto untuk mengabadikan momen-momen penting dalam hidup mereka, seperti saat rekreasi, berkunjung ke musium, kebun binatang dan tempat-tempat rekreasi lainnya

Namun tahukah teman-teman fokus pada jeprat-jepret tersebut, teman telah kehilangan momen-momen penting yang sedang kalian lakukan dan akhirnya tidak mudah mengingat momen-momen penting tersebut.

Riset yang dilakukan oleh Universitar Fairfield menunjukkan bahwa pengambilan gambar pada saat-saat berharga, justru kehilangan konsentrasi penuh pada momen yang dijalani.

Linda Henkel sebagaimana dikutip dari kompas tekno mengatakan, bahwa fenomena photo taking imparment effect menyebutkan bahwa jemrat-jepret saat momen penting menyebabkan kurangnya konsentrasi
"hasil temuannya adalah bahwa ingatan sukar tertanam apabila seseorang lebih sibuk menjepret foto ketimbang berkonsentrasi penuh pada kejadian disekeliling"

Henkel sebagaimana dikutip the telegraph "orang-orang sangat sering mengambil kamera mereka untuk mengabadikan momen, sehingga mereka sebenarnya melewatkan apa yang terjadi di depan mereka"

Penelitian tim Henkel yang dipublikasikan di Psychological Science menjalankan riset dengan eksperimen di sebuah musium. tim Henkel membagi rombongan mahasiswa menjadi dua kelompok. Satu kelompok memfoto benda-benda dalam musium dan kelompok kedua diminta mengingat dan memperhatikan yang mereka lihat di museum.

Hasil penelitian tersebut memaparkan bahwa kelompok mahasiswa yang memfoto-foto objek di musium tak mampu mengingat apa yang dilihatnya dengan baik, berbada dengan kelompok yang memperhatikan objek di musium dengan seksama.

Kelompok mahasiswa baru akan bisa mengingat momen tersebut ketika melihat foto hasil jepretan mereka. Oleh karena itu bagi teman-teman yang suka menghabiskan waktu untuk memfoto saat-saat momen penting koleksilah hasil jepretan foto dengan baik, jangan cuma jeprat-jepret lalu ditinggalkan.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet