Thursday 12 December 2013

10 Cara Mengembangkan Kreatifitas Diri

Sebagai seorang wirausahawan harus selalu menambah ilmu pengetahuan, mengembangkan bisnis online yang dijalani, meningkatkan kreatifitas diri dan sepenuhnya terjun pada bidang yang dijalani. Sebagai seorang Netpreneur harus memiliki banyak kreatifitas diri, jangan sampai terdiam pada zona aman. Karena kalau kita terdiam pada zona aman akan membunuh kreatifitas diri sendiri. Lalu bagaimana cara mengembangkan kreatifitas diri ?

Berikut 10 cara meningkatkan kreatifitas diri yang dapat dilakukan oleh Netpreneur/pebisnis online :

  1. Ketika merancang bisnis online, teman-teman telah menentukan visi dan misi yang ingin dicapai yang diterjemahkan melalui strategi bisnis yang dijalani. Begitu juga teman-teman pasti mempunyai visi dan misi ketika akan menjalankan bisnis, termasuk bisnis online. Kalau teman-teman belum menentukan misi dan visi, coba pikirkan apa misi bisnis sahabat, mengapa pelanggan perlu menggunakan jasa online yang teman-teman tawarkan. Melalui pertanyaan apa dan mengapa semoga bisa timbul kreatifitas diri teman-teman sekalian untuk menumbuhkan kreatifitas dan akhirnya bisa meningkatkan dan menumbuhkan bisnis online yang dijalani.
  2. Teman-teman juga dapat mendapatkan inspirasi untuk mendapatkan kreatifitas dari klien bisnis. Banyak Netpreneur gagal mendapatkan kreatifitas karena ketidak tahuan bagaimana mendapatkan inspirasi untuk menumbuhkan kreatifitas diri yang akhirnya frustasi karena tidak bisa mendapatkan ide untuk mengembangkan bisnis. Sisihkan beberapa menit untuk mengobrol dengan klien favorit dan dapatkan ide bisnis dari mereka.
  3. Baca, membaca dan membaca hal-hal yang berkaitan dengan kewirausahaan yang dijalani. Membaca artikel-artikel di website-website kewirausahaan dan membaca hal-hal di luar fokus bisnis yang dijalani untuk inspirasi kreatifitas diri.
  4. Cara menumbuhkan kreatifitas dalam berwirausaha lainnya adalah dengan melakukan pertemuan dengan para staf dan karyawan perusahaan. Melalui pertemuan tersebut dapat mengetahui ide brilian dari karyawan dan staf. Ide-ide merupakan aset penting untuk keberhasilan Netpreneur dan wirausaha sektor lain.
  5. Luangkan pada hari tertentu untuk keluar dari aktifitas harian yang dijalani. Dengan keluar dari aktifitas harian akan menenangkan otak, dan mendapatkan kreatifitas bisnis.
  6. Jadwalkan pertemuan dengan rekan bisnis. Pergunakan pertemuan tersebut seefektif mungkin untuk mendapatkan ide-ide bisnis
  7. Bisa jadi kreatifitas teman-teman terbelenggu karena banyaknya aktifitas dalam bekerja. Berliburlah untuk menyegarkan otak dan kreatifitas diri.
  8. Luang waktu untuk me time agar otak rileks. Ketika otak rileks maka pintu kreatifitas akan terbuka.
  9. Minta sara dari pebisnis yang tidak setipe dengan bisnis yang dijalani. Tidak jarang ide bisnis dapat didapat dari para pebisnis yang tidak se tipe dengan bisnis kita. Kadang ide-ide bisnis dapat dilakukan lewat pebisnis lain tersebut.
  10. Ketika kita memaksa otak untuk menumbuhkan kreatifitas diri, otak akan penat dan akhirnya ide kreatifitas diri tidak muncul. Rilekskan pikiran dengan cara bermeditasi, berdoa, berdoa dan aktifitas lainnya untuk mengendurkan urat otot otak agar tidak stress.
Itulah tadi 10 cara menumbuhkan kreatifitas dalam kewirausahaan kita. Punya ide lain untuk meningkatkan dalam berwirausaha teman ? Silahkan menambahkannya pada kolom komentar, agar bermanfaat untuk teman-teman yang menggunakan layanan internet.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet