Wednesday 11 December 2013

Tahapan Perencanaan Pembangunan Bisnis Online

Perencanaan yang bagus adalah setengah perjalanan menuju keberhasilan. Dalam berbagai sisi kehidupan, kita harus membuat perencanaan yang baik agar memperoleh hasil yang maksimal dan optimal. Begitu juga ketika teman dan kawan akan merencanakan bisnis melalui internet yang biasa disebut dengan bisnis online harus merencanakan segala sesuatunya dengan matang. Namun jangan sampai kematangan nanti malah gosong. he he he

Sebelum menjelaskan tahapan perencanaan pembangunan bisnis online, yuk kita cari tahu apa itu netpreneut atau biasa dikenal dengan istilah bisnis online. Apa itu bisnis online ?
Secara sederhana bisnis online adalah bisnis yang menggunakan perangkat dan jaringan internet sebagai media bisnis. 

Sebagaimana bisnis di dunia nyata, bisnis di internet pun banyak macamnya. Ada yang menjual software, tutorial, langganan, menjual ebook, program afiliasi, dan masih banyak lagi sektor bisnis yang bisa dijalankan melalui internet. Teman-teman bisa juga membuka toko online untuk mengembangkan dan memperluas pasar toko offline yang teman punya.

Setelah mengenal berbagai macam bisnis yang bisa dijalankan melalui internet. Berikut dijelaskan tahapan perencanaan pembangunan bisnis online
  • Membuat visi dan misi bisnis online. Dari visi dan misi tersebut dijabarkan ke dalam langkah-langkah dan skala prioritas yang segera ingin dicapat dari bisnis online tersebut.
  • Jangan menggunakan asumsi sendiri untuk menentukan pasar. Gunakan fasilitas riset online dengan menggunakan yang diberikan oleh situs-situs di internet untuk SEO agar mudah terindeks dan tampil pada halaman utama mesin pencari.
  • Mendefinisikan kebutuhan pembeli terhadap produk yang ingin teman tawarkan dalam bisnis online. Jangan menggunakan asumsi pribadi dalam membuat dan merencanakan business plane. Analisa calon pembeli dan karakteristik calon pembeli dan pengguna jasa online yang teman akan tawarkan.
  • Menganalisa kemungkinan-kemungkinan negatif dan strategi untuk menghadapi kemungkinan resiko tersebut.
  • Analisa siapa kompetitor dalam bisnis yang akan teman jalankan. Pahami bagaimana cara kompetitor mengelola bisnis online mereka. Dari kompetitor teman dapat membuat produk dan jasa yang lebih baik, atau membuat bisnis online yang lebih spesifik dari bisnis yang dijalankan kompetitor.
  • Keunikan produk online menjadi salah satu strategi untuk tetap bertahan dalam menjalankan bisnis online.
  • Sharing kepada orang lain tentang rencana usaha online yang akan teman jalankan untuk menggali dan mendapatkan strategi untuk memperlancar bisnis online.
  • Jangan lupa membuat brand dari bisnis online yang akan dijalankan. Buat brand yang unik dan mudah dihapal oleh pengguna internet. Apabila memiliki brand yang kuat, maka akan menambah kemudahan dalam menggat calon pembeli dan pengguna jasa internet yang kita jalankan.
  • Semua rencana bisnis tidak akan berjalan apabila tidak ada aksi untuk menjalankan bisnis online tersebut. Jadi setelah membuat perencanaan yang matang akan bisnis online yang akan dijalankan, segera terapkaan dan jalankan bisnis online yang teman rencanakan tadi.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet