Sunday 2 February 2014

Daftar Pekerjaan Yang Digantikan Mesin

Era teknologi informatika yang berkembang dengan cepat, akhirnya merubah juga cara kerja perusahaan untuk memaksimalkan dan mengefisienkan pengeluaran dan itu artinya akan ada pemangkasan jumlah pegawai.

Situs komunitas pencari kerja Glassdoor, menganalisa bahwa sistem otomatisasi akan meningkat pada tahun 2033. Glassdoor mengklaim saat itu sebanyak 47% pekerjaan akan diambil tenaga mesin.

Scott Dobroski, Ahli komunitas Glassdoor mengatakan "Di masa depan, tampaknya kebanyakan dari pekerjaan yang ada saat ini, dari kasir ke teller, akan diotomatisasi dan kebutuhan untuk orang sungguhan mengerjakan peran tersebut tidak akan diperlukan lagi saat teknologi sudah mampu dan mengambil tanggung jawab tersebut".

Menurut Dobroski, ada beberapa jenis pekerjaan dengan keterampilan rendah, seperti telemarketer, dapat digantikan dengan mudah oleh tenaga mesin. Namun, pekerjaan yang membutuhkan kreativitas/ kemampuan sosial tinggi tidak akan tergantikan dengan mudah oleh mesin.

Mau tahu prediksi pekerjaan-pekerjaan yang akan digantikan oleh tenaga mesin pada tahun mendatang ? Berikut daftar 10 pekerjaan yang mungkin tergantikan mesin, seperti dikutip dari Mashable.
  1. Teller Bank
  2. Peran Teller Bank lambat laun mulai tergantikan oleh mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dari transaksi pengambilan uang, transfer uang, menabung, membayar tagihan, hingga pembelian pulsa token pun bisa dilakukan lewat ATM.
    Menurut Mark Gilder, Director of Distribution Strategy Citibank, saat ini setidaknya 85% pekerjaan teller bank dapat dilakukan melalui ATM.

  3. Kasir
  4. Pekerjaan yang akan digantikan oleh mesin lainnya yaitu Kasir. Beberapa toko besar di AS dan negara-negara barat sudah menyediakan sebuah mesin khusus untuk layanan mandiri para pembelinya. Nanti para pembeli bisa memindai dan melakukan pembayaran secara mendiri melalui mesin tersebut.

  5. Resepsionis
  6. Peran mesin sudah mulai menggantikan tugas resepsionis untuk menjawab pertanyaan melalui sistem asisten virtual. Salah satu sistem yang mulai terkenal adalahvirtual receptionist.

  7. Operator Telepon
  8. Tidak berbeda jauh dengan tugas resepsionis, tugas operator telepon pun juga akan digantikan dengan mesin penjawab otomatis. (Contohnya ketika kita menelepon nomor operator ketika kita mengadu di suruh memencet nomor tertentu)

  9. Tukang Pos
  10. Peran surel (surat elektronik) yang lebih populer dengan istilah e-mail lebih hemat dari pada mengirimkan surat melalui pos. Karena kita memanfaatkan jasa pos untuk mengirim surat kita butuh prangko, kertas, dll. Sedang lewat e-mail surat akan sampai dalam hitungan detik serta tidak perlu prangko, kertas, dll.

  11. Agen Perjalanan (Travel Agent)
  12. Kalau dulu orang yang akan mengadakan perjalanan menghubungi agen perjalanan, kini konsumen dapat melakukannya sendiri melalui situs maskapai yang akan digunakan misalnya. Selain itu konsumen dapat memilih biaya sesuai budget.

  13. Juru Ketik
  14. Tugas juru ketik diprediksikan akan digantikan dengan software pengenal suara. perusahaan raksasa teknologi pun mengembangkan dan menyempurnakan sistem software pengenal suara.

  15. Reporter
  16. Meningkatnya Blogger sebagai media berita independen, dan layanan internet lainnya menggantikan profesi reporter media cetak/koran yang diprediksi akan terus turun.
    Dengan adanya layanan internet tersebut, masyarakat dapat menjadi reporter lepas yang menginformasikan hal-hal sesuai hobi mereka lewat blog.

  17. Penginput Data (Data Entry)
  18. Pekerja entry data sama dengan profesi juru ketik yang akan digantikan oleh software pengenal suara.

  19. Telemarketer
  20. Tidak berbeda dengan resepsionis, peran telemarketer juga bisa digantikan oleh sistem mesin penjawab otomatis.

Apakah pekerjaan-pekerjaan tersebut diatas benar-benar akan digantikan oleh mesin 100%? Trend ini akan terus berkembang yang pada akhirnya mungkin pekerjaan diatas benar-benar digantikan perannya oleh software/mesin.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet