Tuesday 31 December 2013

Manfaat Liburan Bagi Kesehatan

Hari ini merupakan hari terakhir kita hidup di tahun 2013, besok kita akan menjalani tahun baru 2014. Diantara teman-teman tentu ada yang sudah membuat resolusi-resolusi yang ingin dicapai tahun 2014. 

Dari resolusi merubah kebiasaan buruk yang masih dilakukan hingga sekarang, memiliki rumah baru, menikah, dan lain sebagainya. 

Hari terakhir tahun 2013 dan besok awal tahun merupakan libur awal tahun. Apa sih gunanya berlibut bagi kesehatan ? Supaya liburan kalian bertambah manfaat maka edisi blogging penulis kali ini akan berbagi manfaat liburan bagi kesehatan. berikut 5 manfaat berlibur bagi kesehatan :


Manfaat liburan bagi kesehatan yang pertama adalah memperpanjang usia seseorang. Penelitian yang dilakukan terhadap 749 wanita antara 45-64 tahun. Penelitian dilakukan kepada wanita karir dan ibu rumah tangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang meluangkan waktu untuk berlibur, mengalami penurunan penyakit jantung secara signifikan.

Manfaat berlibur bagi kesehatan yang kedua adalah untuk menjaga sel otak. Penelitian yang dilakukan James Sands terhadap 112 wanita 65-92 tahun menemukan ada hubungan antara runititas hidup yang banyak dengan penurunan fungsi intelektual, demikian juga ada hubungan positif antara liburan dengan fungsi intelektual.

Manfaat berlibur bagi kesehatan yang ketiga sebagai cara untuk meningkatkan kepuasan hidup. Linda Hoopes dan John Lounsbury dari departemen psikologi universitas Tennessee, mensurvey terhadap 128 pegawai sebelum dan sesudah liburan. Mereka menemukan peningkatan kepuasan hidup setelah liburan.

Manfaat liburan untuk kesehatan yang keempat sebagai cara untuk menurunkan ketegangan. Penelitian yang dilakukan Mina Westman dan Dove Eden dari lembaga peneliti dan departemen psikologi universitas Tel Aviv menemukan perasaan tertekan 76 pegawai menurun signifikan selama mereka berlibur.

Manfaat liburan bagi kesehatan yang kelima adalah sebagai cara untuk memperbaiki kehidupan keluarga. An experiment in leisure (Science Journal, 1968) W.J Kaiser menganalisa terhadap 390 pegawai pabrik baja yang melakukan liburan selama 13 minggu. W.J. Kaiser menemukan  bahwa liburan dapat memberikan manfaat dalam kehidupan keluarga. Para pekerja memanfaatkan liburan untuk berbagi kegiatan dengan pasangan maupun anak-anak mereka.

Itulah 5 manfaat liburan bagi kesehatan, so manfaatkanlah libur akhir tahun teman-teman dengan maksimal, entah dengan jalan-jalan bareng keluarga, melakukan perjalanan keluar untuk merubah cara pandang, dan masih banyak manfaat liburan tentunya yang dapat kalian manfaatkan. Terus apakah manfaat berlibur bagi diri kalian ?


Sumber : (www.vision.net)

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet