Sunday 29 December 2013

Tips Mengoptimalkan Kinerja Android

Tidak puas dengan kinerja tablet android yang teman punya saat ini ? Bagi teman-teman yang suka ngoprek OS dan software tentu ini merupakan hobi baru bagi mereka. Namun bagi mereka yang tidak suka dengan coding, mengoptimalkan android lewat root tentu akan membuat mereka pusing tujuh keliling dan akhirnya mencari cara mempercepat kinerja android tanpa root, bener ga sob ?

Tips mengoptimalkan kinerja android berikut ada yang membutuhkan pengguna tablet android masuk ke root dan ada juga cara mengoptimalkan kinerja tablet android tanpa root. Silahkan teman-teman pilih sesuai dengan kesukaan kalian.

Tips mengoptimalkan kinerja Android yang pertama yaitu dengan cara mengoptimalkan home screen. Bijaklah dalam menggunakan widget dan live wallpaper Android agar CPU dan RAM tidak terkuras untuk menampilkan widget yang pada akhirnya memperlambat kinerja tablet Android kalian. Install software Android sesuai yang dibutuhkan, bukan sesuai keinginan. Buat apa install software android banyak-banyak kalau toh akhirnya tidak dipakai kan ?

Tips mengoptimalkan kinerja Android yang kedua yaitu matikan dengan benar aplikasi yang tidak terpakai, karena kalau aplikasi tidak dimatikan dengan sempurna akan tetap tersimpan di RAM dan akhirnya kinerja Tablet Android berkuran. Matikan aplikasi Android yang tidak terpakai dengan sempurna, gunakan aplikasi task manager/ sejenis dari Google play store.

Cara mempercepat kinerja android tanpa root lainnya yaitu dengan mengoptimalkan browser. Tidak jarang browser bawaan Android terasa lambat dan kurang responsif. Solusinya Download gratis software browser dari google play store dan install ke tablet Android.

Untuk tipas mengoptimalkan kinerja android selanjutnya membutuhkan akses ke root Android. Sebelum melanjutkan ke tips mengoptimalkan android lewat root, penulis peringatkan bahwa tablet android yang telah di root, maka claim garansi tidak berlaku lagi. Penggunaan tips mempercepat kinerja android melalui root sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemilik tablet Android.

Masih ingin melanjutkan ? oke teman-teman. Kalian dapat mengoptimalkan kinerja tablet android dengan overclock perangkat seperti overclock pada desktop. Untuk overclocking perangkat Android, teman-teman dapat menggunakan aplikasi overclocking seperti SetCPU app.

Setelah teman-teman telah berhasil melakukan proses rooting Android, teman bisa menggunakan aplikasi Autostarts app untuk mengatur aplikasi yang akn berjalan secara otomasis. Dengak memilih autostarts akan mempercepat proses booting.

Cara mempercepat tablet android lainnya yaitu dengan menginstall aplikasi link2SD. Aplikasi link2SD berguna untuk melalukan pengaturan beban dari memori internal ke memori external.

Tips untuk mengoptimalkan kinerja android selanjutnya dengan cara mengatur partisi pada Micro SD. Teman-teman bisa membagi Micro SD menjadi tiga partisi. Partisi pertama bertipe FAT, FAT16 /FAT32, Partisi microsd kedua untuk tipe EXT, EXT3/EXT4, dan partisi Micro SD terakhir untuk linux SWAP. Partisi FAT dan EXT diformat sebagai primary partition. FAT untuk menyimpan file dokumen, photo, video, mp3, DLL. Partisi EXT untuk menimpan aplikasi Android. Pemindahan beban dari memori internal ke memori external menggunakan aplikasi Link2SD. Dan partisi terakhir yaitu partisi LinuxSWATP untuk mendukung kinerja RAM tablet android. Untuk menjalankan tips optimasi ini minimal microSd kalian harus microSD class-10.

Kalau yang terakhir ini merupakan cara mempercepat kinerja android tanpa root, yaitu mematikan sinyal Bluetooth, WiFi, GPS, dan aplikasi nirkabel lainnya yang tidak digunakan.

Masih punya cara dan tips untuk mempercepat kinerja android kawan-kawan ? Mohon tidak keberatan untuk membaginya agar tips android kalian bermanfaat juga bagi lainnya.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet