Thursday 30 January 2014

Penyebab Kegagalan Bisnis Online

Sebagian pemula bisnis online menganggap bisnis online adalah bisnis yang paling gampang untuk dijalani karena selama mereka terkoneksi oleh internet, bisnis online pun bisa berkembang.

Apalagi banyak para marketer online (NetPreneur) yang menjual tips-tips cara mudah mendapatkan penghasilan lewat internet. Pemikiran tentang mudahnya menjadi internet akhirnya tergambar dalam pikiran mereka.

Apakah bisnis online benar-benar mudah dijalankan ? Kalau memang berbisnis online itu mudah tentu sudah banyak orang yang sukses lewat bisnis online. Namun rupanya sales latter internet marketing tersebut telah membius sebagian besar orang akan mudahnya berbisnis online. Setelah mereka benar-benar menjalani bisnis online apa yang terjadi ?

Tidak sedikit para NetPreneur baru yang gagal dalam menjalankan bisnis online tersebut. Karena besarnya tantangan bisnis online yang harus mereka hadapi akhirnya mereka pun akhirnya menyudahi usaha online yang dirintisnya. Lalu kira-kira apa hambatan untuk menjadi Netpreneur tersebut ?

  1. Tidak sedikit para netpreneur tidak menyasar golongan tertentu yang sesuai dengan produk yang mereka tawarkan. Karena kurangnya pemahaman tentang pasar yang ingin mereka garap, ketika iklan sudah banyak dikeluarkan namun pendapatan tidak kunjung mereka dapatkan. Bagi teman-teman yang ingin menekuni dan menjadi Netpreneur tentukan pasar yang ingin digarap agar tidak salah dalam menggarap bisnis online.


  2. Pengalaman dan knowledge tentan internet yang mereka miliki hanya sebatas penggunaan internet untuk brosing dan akses situs media sosial. Pengalaman dan pengetahuan tentang internet mutlak bagi yang ingin menjadi Netpreneur, karena pemasaran online tidak langsung bertatap muka dengan pembeli. Penggunaan metode yang tetap akan mengarahkan kepada kesuksesan dalam berbisnis lewat internet.


  3. Berkompetisi dengan internet marketer profesional tentu bukan pilihan yang baik, secara para internet marketer profesional telah memiliki pengetahuan dan pengalaman manis asinnya dunia bisnis online. Jika Netpreneur baru bersaing dengan Netpreneur pengalaman tentu akan mengerjakan hal yang sia-sia saja. Para Netpreneur berpengalaman mampu memaksimalkan teknologi terkini untuk menunjang kesuksesan bisnis online mereka. Oleh karena itu alangkah baiknya menyasar pasar yang masih sedikit persaingannya yang biasa disebut niche market agar bisa tetap survive di bisnis online.


  4. Tidak fokus pada satu ide yang mereka miliki menjadi penyebab bagi para netpreneur baru. Ketika netpreneur baru menemukan banyaknya peluang berbisnis lewat internet mereka mencoba satu persatu bisnis-bisnis online tersebut dan akhirnya mereka pun hanya beralih dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya.


  5. Tidak ada jalan pintas dalam berbisnis dan tidak ada bisnis yang tanpa modal. Apabila berniat serius berbisnis lewat internet paling tidak gunakanlah domain sendiri untuk menguatkan brand bisnis. Para Netpreneur baru berbisnis lewat internet hanya sampingan dan akhirnya cuma memanfaatkan layanan internet gratisan yang pada akhirnya mereka malah mendapatkan penghasilan nol besar.


  6. Sebagian Netpreneur baru hanya berkutat pada planning seperti istilah NATO (No Action Talk Only). Memang seharusnya sebuah bisnis harus mempunyai tujuan yang ingin diharapkan dari bisnis tersebut, mempunyai langkah-langkah yang akan dipakai untuk mencapai tujuan. Bukankah bisnis itu butuh aksi nyata! kalau ngomong terus kapan aksinya bos ?


  7. Rasa minder dan takut serta kurangnya kepercayaan pada diri netpreneur akhirnya membunuh impian mereka untuk menjadi netpreneur sukses. Segala sesuatu ada tantangan yang harus dihadapi. Beranikah diri menghadapi setiap tantangan dan menikmati tantangan tersebut.


  8. Kurangnya pengetahuan dan ketrampilan berbisnis online menyebabkan berkurangnya kepercayaan dari para pelanggan mereka. Karena netpreneur tersebut tidak menguasai dari bisnis yang mereka jalankan, akhirnya pelanggan pun tidak percaya terhadap bisnis yang mereka jalankan. Sempatkan waktu untuk memahami niche pasar dan tren pada pasar tersebut. Dengan menguasai dan memahami niche market dan trik yang cocok akan sukses pada niche pasar yang digarap.


  9. Mudah kehilangan harapan dan tidak memiliki keyakinan akan berhasil terhadap bisnis yang dijalaninya. Ketika menghadapi tantangan, tugas kita adalah mencari solusi atas masalah dan permasalahan tersebut bukan ? Bisa jadi bahwa keberhasilan sudah di depan mata, namun karena kita sudah kehilangan harapan akhirnya kita menyudahi bisnis tersebut.


  10. Kekurangan modal bisa jadi penyebab gagalnya bisnis online. Ketika Netpreneur kekurangan modal yang akhirnya tidak bisa mengembangkan bisnisnya, maka pasar tersebut akan diambil pemasar online yang memiliki dana besar untuk menyesuaikan dengan teknologi terkini dan mutakhir.

Bagi teman-teman yang sudah menjalankan bisnis online, tidak ada salahnya membagikan pengalaman pahit manis bisnis online sebagai pembelajaran bagi teman-teman lain. Semoga menambah manfaat artikel ini. 


Sumber : BloggingTips.com.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet