Saturday 28 June 2014

Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Setelah memahami perilaku konsumen pada postingan blog manfaat layanan internet sebelumnya, maka pada kesempatan ini akan membahas tentang faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih produk online shop/ jasa yang disediakan netpreneur. Faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen ketika memutuskan untuk melakukan pembelian produk online shop ?


Ada beberapa faktor yang membuat konsumen memutuskan untuk melanjutkan transaksi penjualan barang ataupun mengurungkan niatnya dalam melakukan transaksi pembelian produk.

Foktor pertama yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah individual konsumen sendiri. Apakah konsumen tersebut memang sedang membutuhkan produk yang ditawarkan produsen, persepsi konsumen terhadap produk yang ditawarkan, gaya hidup konsumen dan karakter pribadi seseorang, pilihan konsumen untuk memilih salah satu produk dari berbagai produk alternatif yang ditawarkan berbagai produsen.

Faktor kedua yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap suatu produk adalah faktor lingkungan sekitar konsumen tersebut. Faktor lingkungan bisa mempengaruhi keputusan konsumen dalam menentukan produk yang dipilih.

Sebagai contoh ketika konsumen meminta pendapat dari temannya lalu diberi saran untuk memilih produk yang berbeda dan akhirnya calon konsumen memilih produk memilih produk sesuai saran temannya. Itu artinya bahwa teman bisa mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih produk.

Bisa jadi juga konsumen menjadi tertarik suatu produk setelah melihat temannya yang lebih dahulu membeli gadget. Karena melihat temannya asyik dengan gadgetnya yang baru akhirnya ia tertarik juga memiliki gadget yang sama dengan temannya.

Faktor ketiga yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap suatu produk yaitu sistem pemasaran yang dijalankan oleh produsen. Iklan mempengaruhi konsumen melalui stimulasi dan rangsangan pemasaran agar konsumen bersedia memilih produk yang ditawarkan.

Bagi produsen yang ingin mempengaruhi perilaku konsumen untuk memilih produk yang ditawarkan harus jeli dalam penentuan harga jual produk, promosi dan sistem distribusi produk kepada konsumen.

Produsen produk harus selalu mengevaluasi strategi pemasaran untuk melihat respon konsumen terhadap promosi yang ditawarkan sehingga bisa memperbaiki strategi pemasaran dimasa depan.

Bagi sobat yang ingin memasarkan produk baru, agar pemasaran berjalan lancar hendaknya memperhatikan hal-hal berikut. Apakah produk yang akan dijual layak dan dibutuhkan konsumen, bagaimana barang/jasa tersebut akan disajikan agar konsumen tertarik untuk memilikinya, pasar kelas sosial masyarakat target produk, strategi harga yang cocok atas produk yang akan dijual.

Itulah tiga faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Dengan begitu sobat dapat mencari cara dan tips untuk menjadi Netpreneur sukses dalam menjalankan bisnis online.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet