Thursday 26 December 2013

Cara Memanfaatkan LinkedIn Untuk Pemula

Perkenalan terhadap media sosial LinkedIn tentu telah memberikan gambaran kepada teman-teman tentang sosial media untuk professional ini. Setelah mengenal linkedIn, yuk kita cari tahu bagaimana cara menggunakan akun linkedIn. 

Apabila diantara teman-teman belum mengenal Jejaring sosial linkedIn silahkan membaca postingan mengenal LinkedIn.

Media sosial LinkedIn merupakan tempat yang bagus untuk menjual diri, maksudnya menjual keahlian dan ketrampilan yang kalian miliki teman-teman. Agar diri kalian menjual yang pada akhirnya mendapatkan manfaat dari Sosial media LinkedIn perhatikan hal-hal berikut :


Soal profil linkedIn, buat profil linkedin sesuai dengan keadaan kalian yang sebenarnya. Jangan samakan dengan membuat profil acak-acakan yang sulit untuk dipercayai orang. Kalau kalian acak-acakan tidak akan laku bukan ? LinkedIn mengukur kelengkapan profil suatu akun dari 0-100%, so semakin tinggi tentu nilai jualnya juga semakin tinggi. Selain harga diri semakin naik, dengan melengkapi profil linkedin akan berpengaruh pada mesin pencari LinkedIn.

Lengkapilah informasi linkedin kalian yang meliputi ; jenis industri yang teman geluti, posisi saat ini beserta penjelasannya, sejarah karir, riwayat pendidikan, keahlian yang kalian miliki setidaknya lima keahlian agar harga kalian menjual, pajang foto resmi yang menggambarkan diri kalian, koneksi, summary.

Jaringan (Connection) juga penting di media sosial LinkedIn. Carilah teman melalui pelacakan nama pada kotak mesin pencari. Ketika sudah menemukan orang yang kalian cari klik 'connect', tambahkan mereka ke dalam jaringan profesional kalian. Untuk menambah connection bisa juga dilakukan dengan cara mengirim pesan pribadi ke mereka dengan mengajukan invitation.

Selain melengkapi profil LinkedIn, dan membuat koneksi. Cara menjual diri di Linkedin lainnya melalui grup. Dengan bergabung ke grup yang sesuai dengan profil kalian akan meningkatkan kepercayaan. Manfaat grup linkedIn diantaranya untuk memperluas koneksi, berbagi ilmu, mmeminta nasehat,  berbagi cara dan tips serta manfaat-manfaat lainnya yang dapat teman tambah sendiri.

Mengikuti akun perusahaan linkedIn merupakan salah satu cara mencari kerja di linkedin, karena selain memberikan informasi perusahaan yang bersifat umum tidak jarang yang mengumumkan lowongan pekerjaan melalui linkedIn, sehingga calon pegawai dapat mengirimkan lamaran pekerjaan via linkedIn.

Menu 'Jobs' tentu saja menu yang paling membahagiakan bagi pencari kerja. Melalui menu 'Jobs' teman-teman dapat mencari pekerjaan berdasarkan kata kunci seperti jabatan, perusahaan, lokasi, gaji, industri. Mesin pencari LinkedIn juga menyediakan pencarian khusus misalnya posisi developer dekat tempat tinggal.

Aplikasi LinkedIn juga berjalan baik pada tablet dan mobile gadget karena LinkedIn versi mobile berjalan pada berbagai platform seperti iPhone, iPad, Android, Windows phone, BlackBerry, Palm. Selain berfungsi untuk mencari koneksi, linkedIn versi mobile juga bisa dimanfaatkan untuk pertukaran informasi serta mengunduh daftar koneksi untuk dikirim ke kontak smartphone kalian.

LinkedIn in memang gratis digunakan dengan fitur standar, namun apabila teman-teman tidak puas dengan fasilitas standar linkedIn dapat upgrade ke LinkedIn premium dengan tarif $19,95/Bulan. Dengan berlangganan linkedIn premium, akan mendapatkan layanan subscription premium bagi pebisnis, pencari kerja, perusahaan.

Dengan berlangganan LinkedIn premium dapat mengirim InMail ke semua orang. InMail adalah pesan internal linkedIn yang bisa kalian manfaatkan untuk mengirim pesan ke orang-orang yang tidak terhubung dalam koneksi kalian.

Upgrade layanan LinkedIn juga memperluas dan memperbanyak hasil pencarian mesin pencari LinkedIn yang tidak ada pada linkedIn standar seperti talent search. So selamat memanfaatkan LinkedIn untuk menjual diri dengan baik.


Sumber:inet.detik.com

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet