Friday 20 December 2013

Fitur-Fitur Dasar Facebook

Setelah kita mengenal siapa yang membuat Facebook dan mengenal sejarah facebook serta perjalanan mesia sosial ini, pada kesempatan ini penulis akan posting tentang fitur-fitur dasar facebook.

Yang penulis maksud dengan mengenal fitur dasar Facebook adalah pengenalan fitur-fitur yang bisa langsung kita gunakan setelah mendaftar Facebook dan berhasil.


Fitur dasar Facebook yang pertama adalah update status. Setelah mendaftar dan berhasil menjadi salah satu anggota Facebook. Teman-teman akan melihat kota persegi panjang dengan tulisan "apa yang sedang anda pikirkan" ketika membuka halaman facebook maupun halaman profil pribadi facebook teman-teman sekalian.

Agar update status yang kita tulis memili manfaat harus status yang disukai oleh mayoritas orang dan memberikan apa yang mereka butuhkan.

Update status yang boleh kalian posting bisa berupa teks biasa, gambar, video maupun aplikasi lainnya.

Teman-teman dapat mengatur untuk siapa update status tersebut ditujukan. Update status bisa ditujuan hanya untuk seseoran, grup teman maupun semua teman kecuali seseorang dan untuk publik sehingga siapa saja dapat melihatnya dengan memanfaatkan internet.

Fitur dasar Facebook yang kedua Timeline. Fitur Facebook timeline merupakan pembaruan dari fitur profile dan wall Facebook yang ada sejak 15 Desember 2011.

Pada halaman timeline semua konten yang kalian posting dapat diatur dan ditampilkan sesuai keinginan kepada orang lain. Pada halaman timeline, foto, video dan status akan dikategorikan berdasarkan waktu upload media tersebut sehingga seperti diary yang menceritakan perjalanan pengguna facebook sejak pertama kali menjadi pengguna Facebook.

Fitur dasar Facebook yang ketiga adalah fitur pertemanan.  Namanya juga media sosial ajang untuk bersosialisasi bagaimana mungkin kalau tidak punya teman kan ? Kalau menyendiri namanya meditasi, betul ga teman-teman ?. Fitur pencarian berguna untuk mencari teman baik teman lama yang tidak pernah bertemu lagi maupun ingin mencari teman baru. Bagaimana cara mendapatkan teman di Facebook? teman-teman dapat menambahkan teman di fb dengan cara mengetikkan keyword pada kotak pencarian. Pada kotak pencarian teman-teman juga bisa mencari grup, lokasi, nama organisasi pendidikan, dll

Fitur dasar Facebook yang keempat adalah fitur like dengan gambar jempol selayaknya ketika kita memberi respon positif terhadap seseorang. Teman-teman dapat memberikan feedback positif dengan tombol like pada update status, komentar teman, foto, link, halaman fanpage, serta iklan Facebook.

Fitur dasar Facebook lainnya yaitu Pesan dan kotak masuk. Fitur ini berguna untuk mengirimkan pesan kepada pengguna fb lain secara private. Sejak tahun 2010 fb telah meluncurkan penyempurnaan message dan inbox yang diberi nama 'facebook messages'. Setiap pengguna facebook memiliki email facebook dengan alamat : namapengguna @facebook.con. Facebook messages bukan hanya sekedar email saja, melalui facebook messages pengguna fb dapat mengirim pesan chat (instant messaging, email, pesan private. Sehingga banyak yang memberi julukan 'Gmail killer'.

Itu tadi 5 fitur dasar facebook yang bisa dibagikan kepada teman-teman online sekalian. Apa fitur dasar facebook yang sering kalian gunakan ?

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet