Wednesday 14 May 2014

Cara Mengembalikan Semangat Ngeblog

Bagaimana cara mengembalikan semangat ngeblog yang telah lama hilang seperti yang sedang penulis manfaat layanan internet alami selama ini. Kalau diibaratkan penyakit kudet (kurang updet) yang semakin kronik dan harus segera diobati.

Kalau sakit badan diobati dengan obat-obatan dan bersilaturahmi ke dokter, apalagi kalau dokternya cantik akan lebih cepat proses penyembuhan sakitnya, kalau sakit hati obatnya lima perkara sebagaimana tembang sunan kalijogo tombo ati iku limo awernane dst silahkan teruskan sendiri soalnya kalau saya teruskan nanti kamar tambah berantakan karena protes dengan suara penulis yang ngebas he he. Mana tips cara mengatasi semangat ngeblognya ?

Sabar sob serius amat mikirnya, entar cepat berganti warna loh rambutnya. Oke sob, kalau kalian mau tahu terakhir saya ngeblog tentang mendorong terwujudnya NetPreneur baru. Coba sobat perhatikan tanggal postingan artikel tersebut.

Apa pendapat kalian ? Saya seorang blogger yang malas, musiman, atau apa ? terserah kalian mau mengatakannya yang pasti akan saya terima komentar kalian.

Faktor pertama penyebab hilangnya semangat ngeblog adalah
kejenuhan dengan rutinitas yang itu-itu saja. Melihat pekerjaan orang lain kok kayaknya enak banget yaa. Kalau kalian tanya pada yang bersangkutan mereka akan berpikir sama dengan kita.

Sebagai contoh seorang kasir bank dan bagian marketing. Bagian kasir bilang ke bagian marketing 'pekerjaan kamu enak yaa tiap hari keluar kantor melihat hal-hal baru terus dan berjalan dinamis kayaknya tidak membosankan'. Bagian marketing pun menjawab pekerjaan kamu enak tinggal duduk melayani customer tiap bulan dapat gaji, lah kalau aku penghasilan tidak pasti. Enakan mana ???

Dalam setiap pekerjaan yang kita jalani, pasti ada masa-masa jenuh dimana rasanya otak sudah tidak bisa berpikir lagi sehingga ide-ide dari diri pun susah untuk muncul ke permukaan.

Ketika kita sudah sampai pada waktu jenuh yang maksimal maka kita perlu keluar dari segala rutinitas harian dan mencari kegiatan baru untuk merefresh otak agar tidak selalu monotan dengan abjad-abjak dan kalimat yang menguras pikiran.

Faktor kedua karena ketika kita ngeblog tidak sabar dengan proses yang harus dijalani untuk mendapatkan pengunjung. Sudah semangat posting blog tiap hari namun pengunjung tidak juga meningkat. Ya iyalah pantas saja saingannya perusahaan besar semua yang punya modal untuk beriklan, kalau melawan mereka cuma mengandalkan hasil pencarian organik (Organic Search Engine) ya pasti akan kalah dengan mereka yang bisa mendapatkan traffik dari iklan yang mereka pasang. Kalau kasusnya seperti ini sobat bisa merubah orientasi ngeblognya ke topik-topik yang lebih spesifik yang saingannya juga berkurang sehingga lebih mudah untuk berada di halaman utama hasil pencarian mesin pencari tanpa perlu beriklan.

Faktor ketiga hilangnya semangat ngeblog adalah tidak ada tujuan ngeblog. Kalau belum punya tujuan ngeblog coba mulai dipikirkan apa tujuan kalian ngeblog. Apakah untuk mencari uang lewat blog ? mendapatkan banyak teman ? memanfaatkan blog sebagai cara untuk meningkatkan kualitas tulisan sehingga bisa menyajikan artikel yang menarik ? atau untuk mendapatkan pacar baru ? Kalau kasusnya seperti ini cara mengembalikan semangat ngeblog tentu dengan menentukan tujuan blogging dan fokus pada tujuan kalian tersebut.

Faktor keempat adalah sudah puas dengan apa yang diraih sekarang sehingga merasa tidak perlu lagi untuk update postingan. Kalau faktor telah puas dengan yang ada sekarang maka tinggal nunggu waktu untuk ditinggalkan visitor karena mereka tidak mendapatkan manfaat baru dari blog kalian. Tentu tidak mau kan ?

Faktor kelima hilangnya semangat ngeblog karena tidak pernah login blog. Kalau kalian sudah lama tidak login ke akun blog kalian, segera buka blog kalian, pilih postingan baru dan mulailah menulis apa yang kalian rasakan sekarang.

Selamat sobat, semangat blogging kalian sudah pulih kembali dan akhirnya kalian bisa update blog kalian lagi.

Itulah lima tips cara mengembalikan semangat ngeblog versi manfaat layanan internet di berbagai bidang kehidupan yang bisa penulis sharing terhadap kalian semua. Ada tips menumbuhkan semangat ngeblog yang lama pudar selain diatas ? penulis harap kalian tidak ragu menambahkannya di kolom komentar agar bertambah manfaat artikel bagaimana cara menumbuhkan semangat blogging penulis.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet