Monday 9 June 2014

Mengenal CMS Drupal

Apa itu Drupal ? Yuk kita mengenal CMS Drupal agar lebih tahu dan dekat, apalagi jatuh cinta terhadap cms drupal asik tuh kan. Drupal merupakan paket software gratis yang memungkinkan sobat untuk membuat, mengatur, mengelola dan mempublikasikan konten yang sobat miliki ke internet.

Drupal juga sering disebut Content Management System (CMS). Sistem managemen konten yang bisa digunakan secara bebas dan bisa di download gratis.

Sebagai salah satu CMS yang paling banyak digunakan untuk
membangun blog/website,drupal berlisensi Open Source sehingga siapapun dapat melihat kode Drupal.

Drupal mulai dikembangkan oleh Dries Buytaert sebagai papan pesan pada tahun 1999. Seiring berjalannya waktu banyak orang yang tertarik mengembangkan drupal, sehingga pada akhirnya projek drupal dibuat open source agar bisa dikembangkan oleh banyak orang.

Drupal.org sebagai tempat resmi untuk publikasi, pengembangan drupal mulai online tahun 2001 dan komunitas drupal mendapatkan momentum pada tahun 2005 dengan beberapa code sprints dan konferensi.

Versi drupal terbaru ketika sobat hendak mendownload gratis drupal versi 7.28 ketika berada di halaman drupal.org. Adapun Drupal 8 masih dalam pengembangan dan masih dalam tahap uji coba. Bagi sobat yang memiliki keahlian dan ingin ikut serta mengembangkan drupal 8 tidak ada salahnya berkontribusi agar bermanfaat ilmu yang dimiliki sobat.

Bagaimana sejarah CMS Drupal ? untuk mengetahui sejarah CMS Drupal lebih jauh akan dipaparkan pada pembahasan dan postingan blog selanjutnya.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet