Tuesday 10 June 2014

Mengenal Fitur Terbaru Drupal 7

Setelah membahan tentang sejaran cms drupal, pada postingan blogspot kali ini akan mengulas tentang fitur terbaru Drupal 7. Bagi sebat yang belum membaca sejarah CMS Drupal silahkan baca postingan sejaran drupal cms dan semoga menambah wawasan lebih banyak tentang CMS.

Drupal 7 yang merupakan versi stabil terbaru yang telah didistribusikan dan bisa di download gratis melalui situs drupal.org mensyaratkan ;
Database : MySQL 5.0.15/ PostgreSQL 8.3
PHP Versi 5.2 atau lebih tinggi
PHP Memory : 40M-64M

Lalu bagaimana dengan keamanan pada drupal 7 ? Drupal 7 melakukan implementasi lebih aman tarhadap tugas-tugas terjadwal di server (cron.php), Sistem password juga ditingkatkan lebih aman, Sistem log-in, dan module bisa diupdate melalui web.

Bagaimana dalam sisi kegunaan dan kemanfaatan terhadap Drupal 7 ? Pada drupal 7 terdapat link administratif untuk mengedit elemen halaman langsung melalui web tanpa perlu harus ke halaman administrasi web terlebih dahulu.

Peningkatan terhadap dukungan editor WYSIWYG, penambahan sistem drag and drop, penanganan kewenangan yang ditambah dengan meta-data, user no. 1 bagian dari proses instalasi, Penambahan fitur instal profil drupal secara default.

Selain hal tersebut diatas Drupal 7 juga membawa fitur setting otomatis tanpa harus mengaturnya secara mandiri dan tidak perlu menginstal scrip pada web server.

Password validator dibuat lebih ramah, lembut dan jelas. Penambahan dukungan format teks standar drupal. Mengganti format input ke format teks. Penambahan fitur 'tab vertikal' untuk meningkatkan kegunaan. Peningkatan support terhadap zona waktu. Penambahan modul drupal 'shortcuts' baru yang mengizinkan pengguna untuk membuat menu sesuai keinginan mereka.

Pada sisi Basis data (database) drupal 7 juga menaambahkan query untuk INSERT, UPDATE, DELETE, MERGE, dan SELECT. Drupal 7 mendukung penggunaan database SQLite. Secara default drupal 7 menggunakan InnoDB engine, untuk skala yang lebih besar dan integritas data menggunakan MySQL.

Itu adalah sedikit postingan mengenai fitur terbaru drupal 7 yang bisa di download gratis lewat drupal.org karena drupal berbasis Open Source software, jadi sobat bebas ngoprek kode drupal kalau minat.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet