Monday 9 June 2014

Sejarah CMS Drupal

Setelah kita mengenal CMS Drupal, marilah kita cari tahu sejarah munculnya CMS Drupal. Bagi sobat yang belum kenal drupal, tidak ada salahnya membaca postingan blogspot mengenal CMS Drupal terlebih dahulu.

Sejarah pengembangan CMS drupal pertama kali
antara tahun 1998 dan 1999 oleh Dries Buytaert yang lahir tanggal 19-11-1978 di Belgia. Ketika belajar di Universitar bersama teman-temannya Dries sangat tertarik terhadap jaringan internet wireless /nirkabel.

Oleh karena itu mereka membangun jaringan
Local Area Network (LAN) karena banyaknya informasi dan pertukaran data yang harus mereka lakukan terhadap project LAN yang mereka butuhkan. Dries pun memutuskan untuk mengembangkan message board. Cikal bakal message board drupal tersebut hanya berjalan pada jaringan intranet. Setelah lulus Dries pun berencana menampilkan hasil karya message board-nya ke internet agar bisa diakses kapanpun.

Pada awalnya Dries ingin mendaftarkan dengan nama domain 'Dorpje' yang dalam bahasa inggris berarti ''little village (desa kecil)'. Namun Dries salah ketik ketika menuliskan 'Dorpje' malah ia menulis 'Drop'. Dries memutuskan untuk menjaga domain karena nama tersebut tidak dimiliki siapapun. Jadi pertamanya nama drupal tersebut adalah Drop.org

Setelah satu tahun online di internet, sekitar tahun 2000 dan 2001, Dries melihat banyak minat dari pengguna internet dan memberinya ide-ide dan fitur baru untuk ditambahkan di message boark buatannya.

Karena permintaan semakin banyak terhadap fitur baru drupal, akhirnya Dries memutuskan untuk melisensikan drupal di bawah platfort software open source yang bisa di download gratis bagi siapa saja. Sehingga namanyapun diganti menjadi 'Drupal'.

Berkat kerja keras dari semua yang terlibat dalam Drupal, mulai dari pengembang, maintaining drupal.org, pengelola buku panduan drupal dan kontibutor buku drupal, pengembang modul, theme sehingga CMS Drupal pun terus berkembang. 

Pada postingan selanjutnya penulis manfaat layanan akan mencoba memposting tentang fitur terbaru dupal.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet