Sunday 8 June 2014

Mengenal Fitur Terbaru Ubuntu 14.04 Trusty Tahr

Setelah sebelumnya penulis manfaat layanan internet sharing seputar Fitur terbaru Wordpress 3.9 yang diinspirasi oleh Pemain Jass Smith. Maka pada postingan kali ini akan membahas seputar OS Ubuntu terbaru yaitu; ubuntu 14.04.

Perilisan angka pada OS Ubuntu menunjukkan tahun dan bulan perilisan tersebut. Seperti rilis-rilis ubuntu sebelumnya pada ubuntu versi sebelumnya ubuntu 13.10 yang diberi
nama Saucy Salamander. Pada ubuntu terbaru diberi nama ubuntu 14.04 Trusty Tahr.

Mari kita lihat sejenak apa saja yang terdapat pada ubuntu trusty tahr. OS Ubuntu merupakan turunan dari Debian yang disesuaikan untuk OS ubuntu. Pada ubuntu 14.04 menggunakan kernel 3.13.0-24.46 yang didasarkan pada kernel v3.13.9 yang stabil. Bagaimana dengan dukungan LTS ?

Dari Networking ubuntu 14.04 menggunakan Open vSwitch 2.0.1 untuk support lebih baik dan management bridge serta diagnostic untuk menghindari buffer. Ubuntu Trusty tahr juga memperkenalkan managemen koneksi TCP lebih baik untuk menghindari packet loss.

Penjadwalan pun diubah yang sebelumnya menggunakan 1/0 scheduler diubah dari CFQ ke Deadline.

Ubuntu 14.04 juga fokus pada power management dan efisiensi power. Dengan adanya intel PowerClamp driver akan meningkatkan efisiensi daya.

Dalam virtualisasi ubuntu 14.04 juga meningkatkan kinerja Xen dan KVM termasuk dukungan ARM untuk keduanya. Dalam hal keamanan ubuntu 14.04 meningkat keamanan AppArmor yang memungkinkan lebih banyak kendali terhadap aplikasi yang berjalan di ubuntu.

Ubuntu juga meningkatkan dukungan terhadap hardware terlihat dari ARM dukungan multiplatform yang ditambahkan yang memungkinkan sobat membangun citra kernel ARM tungga yang dapat boot di beberapa platform hardware.

Itulah sedikit fitur terbaru ubuntu 14.04 Trusty Tahr open source yang bisa sobat nikmati secara bebas tanpa harus memikirkan legalitas OS yang kalian gunakan. 

Sumber : https://wiki.ubuntu.com/TrustyTahr/ReleaseNotes
Download Gratis : http://releases.ubuntu.com/14.04/

2 comments:

  1. ubuntu 14.04 udah lama relese ya bang, terus kayanya lebih ringan dari ubuntu 12.04 dan kebetulan saya lagi belajar ubuntu, salam kenal dan di tunggu kunjung baliknya ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mengacu jadwal release Ubuntu sebelumnya, dalam setahun Ubuntu rilis dua kali yaitu pada bulan April dan Bulan Oktober dan kodenya mengikuti jadwal releasenya.

      Contohnya untuk bulan April 2014 dengan kode Ubuntu 14.04 dan Bulan Oktober 2014 dengan kode Ubuntu 14.10.

      Kalau lebih ringan/ tidak sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi suatu OS. Salam Open Source

      Delete

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet