Monday 26 May 2014

Berita Bohong Itu Hoax Namanya

Ini bukan sedang membahas film the hoax, postingan ini merupakan pembahasan hoax dalam internet.

Menurut id.wikipedia.org berikut definisi hoax. Pemberitaan palsu/ Hoax adalah usaha untuk menipu / mengakali pembacaatau pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu.

Salah satu contoh pemberitaan palsu yang paling umum adalah
mengklaim sesuau barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang/kejadian sejatinya. Suatu pemberitaan palsu berbeda dengan misalnya pertunjukan sulap; dalam pemberitaan palsu, pendengar/penonton tidak sadar sedang dibohongi, sedangkan pada suatu pertunjukan sulap, penonton justru mengharapkan supaya ditipu.

Berita hoax tidak termasuk golongan virus dan tidak perlu menggunakan anti virus menghilangkannya. Berita hoax biasanya disebarkan melalui surel (surat elektronik)/ email sehingga ketika kepanikan terjadi pada si penerima surel, maka dia akan memforward ke temannya.

Akibat dari banyaknya lalu lintas email yang diakibatkan oleh berita hoax tersebut bisa menjadikan server layanan email down layaknya kena serangan denial of service.

Untuk meyakinkan beritanya, pembuat berita hoax biasanya mencantumkan nama-nama vendor teknologi terkenal yang tidak asing bagi kebanyakan orang. Kalau mendapatkan berita tersebut harap mengkroscek kebenaran berita ke layanan verdor tersebut untuk memastikan kebenaran berita.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet