Tuesday 27 May 2014

Cara Sukses Bisnis Online

Pada postingan beberapa waktu lalu manfaat layanan internet di berbagai bidang kehidupan sharing seputar penyebab kegagalam bisnis online, maka pada kesempatan postingan blog tentang netpreneur kali ini akan menulis tentang tips sukses jual beli online.

Era digital transaction merubah cara orang dalam bertransaksi. Kalau dulu masyarakat masih was-was terhadap penipuan lewat internet atau karena gaptek sehingga belum bisa menerima jual beli online.

Seiring majunya teknologi informasi dan perkembangan gadget dan smartphone untuk menghubungkan mereka dengan dunia luar dengan perantaraan internet, masyarakat pun mulai terbiasa dengan layanan internet.

Perubahan gaya hidup masyarakat ini merupakan peluang bisnis bagi para pebisnis yang ingin melebarkan sayap bisnisnya yaitu dengan menjadi Netpreneur/ pengusaha online.

Pebisnis dituntut untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman apabila bisnisnya ingin tetap berjalan, yaitu dengan cara membuka toko online sebagai pengganti toko offline/ alternatif pembeli yang ingin belanja.

Ketika memutuskan menjadi Netpreneur perhatikan hal-hal sekecil apapun yang akan berdampak negatis pada bisnis online sobat semua. Pendiri alibaba pun memakai filsafat ini dalam mengembangkan bisnis alibaba. Sekecil apapun bisnis yang dijalani harus mempunyai sistem yang baik.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika terjun dan memanfaatkan layanan internet dalam distribusi barang adalah
Jasa pengiriman barang yang dipakai untuk mengirimkan barang ke konsumen. Untuk memilih mitra bisnis jasa pengiriman barang, pilihlah jasa pengiriman barang yang terpercaya.

Kriteria-kriteria perusahaan jasa pengiriman barang terpercaya dapat dilihat dari; lama berdirinya perusahaan jasa pengiriman barang tersebut (kalau jasa pengiriman barang jelek masak bisa bertahan laman ?), Sistem pengiriman yang mereka pakai, jaringan pengiriman, sistem resi (tanda bukti) pengiriman (sangat berguna kalau ada komplain dari konsumen), sistem garansi atau asuransi apabila terjadi kesalahan dalam pengiriman barang.

Bagi calon pembeli yang akan membeli melalui media maya (internet) jangan terburu-buru tergiur oleh diskon supplier. Untuk mengetahui apakah supplier tersebut benar-benar menjalankan bisnis online atau menjalankan bisnis online untuk menipu konsumennya bisa dilihat track record supplier tersebut atau googling review terhadap produk yang mereka tawarkan.

Supplier yang susah untuk dihubungi mengindikasikan kurang seriusnya supplier tersebut dalam menjalankan bisnis onlinennya, dan sobat bisa mencari supplier lain yang sejenis.

Kalau merasa yakin terhadap supplier yang dipilih, coba untuk membeli pertama kali dengan jumlah sedikit. Mengapa membeli dalam jumlah sedikit, karena kita belum tahu pasti mereka dan hubungan kita dengan supplier pun sebatas dari dunia maya. Kalau lancar cobalah order dengan jumlah yang lebih besar sambil mendekatkan diri dengan supplier online tersebut.

Kalau kerjasama mulai terjalin dengan supplier toko online, cobalah sesekali mengunjungi toko offline supplier untuk bertemu langsung dengan pemilik toko online tersebut. Hal ini tidak saja bermanfaat untuk memastikan keberadaan supplier namun juga mendekatkan hubungan emosional kita.

Dengan begitu maka konsumen dan supplier akan sama-sama sukses menjalani bisnis online dan menjadi netpreneur terpercaya.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet