Thursday 16 January 2014

Cara Mengoptimalkan Google Adsense

Banyak ulasan Blogger tentang cara mengoptimalkan Google Adsensense, diantaranya dengan cara meningkatkan seo on page untuk mendulang traffic organic dari mesin pencari Google, Yahoo! bing serta mesin pencari alternatif lainnya.

Selain itu dengan cara meningkatkan seo on page, bisa juga mendulang traffic blog blogspot dengan aktifitas blog walking ke blogger lainnya. Namun pada postingan blog manfaat layanan internet berikut tidak memaparkan tentang cara mengoptimalkan seo on page pada blog / blog walking, namun memanfaatkan layanan Google analytics sebagai cara mengoptimalkan pendapatan dari Google Adsense yang kita miliki.


Google analytics menambahkan fitur yang terintegrasi dengan Google Adsense yaitu : Adsense Exits Reports dan Adsense Revenue as an experiment objective. Keduanya memberi manfaat yang besar bagi situs yang menjalankan Google Adsense sebagai ladang untuk mencari uang lewat internet.


Mengintegrasikan Google Adsense dengan Google Analytics
Sebelum teman-teman merasakan manfaat dari integrasi layanan google analytics dengan google adsense, pastikan bahwa keduanya telah terintegrasi dengan benar. Cara melihat apakah google analytics dan google adsense telah terhubung dengan benar ceklah dengan ( cara log in ke google analytics ==> Adsense Linking ==>Link Account ). Perhatikan gambar berikut :
Setelah melakukan hal diatas, maka teman-teman akan dibawa ke halaman akun adsense untuk proses konfirmasi. Setelah konfirmasi akun adsense selesai akan kembali ke halaman google analytics lagi. Apa manfaat dari integrasi Google Adsense dengan google analytics tersebut ? 

Dengan mengintegrasikan keduanya, teman-teman dapat mengetahui adsense revenue, ads clicked, Adsense ClickThrough Rate(CTR), Adsense eCPM, Adsense Ads, Adsense Page Impressions.

Laporan Google Adsense pada Google Analytics.
Setelah mengintegrasikan google adsense dengan google analytics, maka teman-teman dapat mengoptimalkan google adsense dari tiga laporan google adsense yang terdapat pada google analytics.

Cara mengoptimalkan pendapatan dari google adsense di google analytics yang pertama adalah Halaman Adsense. Halaman adsense menyediakan informasi tentang halaman mana yang paling banyak mendapatkan klik google adsense.

Setiap halaman website/blog yang menyediakan iklan google adsense dapat dianalisa melalui metrik google analytics. Melalui metrik google analytics tersebut dapat menganalisa topik apa yang banyak mendatangkan pengunjung ke website/blog teman-teman.

Cara mengoptimalkan Google Adsense lewat google analytics yang kedua adalah Adsense Referrers.  Layanan adsense referrers pada google analytics sangat bermanfaat untuk mengetahui darimana arah pengunjung ke website/blog kalian.

Cara optimasi google adsense melalui google analytics yang ketika yaitu; Adsense Exits. Layanan Adsense Exits menginformasikan dan menunjukkan metrik yang menarik untuk mengetahui halaman yang banyak mendatangkan klik iklan adsense, rasio pengunjung halaman.

Dari pemaparan tersebut, mari kita menyimpulkan cara mengoptimalkan pendapatan dari google adsense lewat google analytics.
  1. Pahami jenis konten dan topik blog yang menghasilkan pendapatan yang banyak mendatangkan penghasilan adsense dan buatlah jenis konten dan topik berdasarkan informasi dari google analytics tersebut.
  2. Pahami template iklan adsense yang mendatangkan dan memiliki hasil yang bagus pada google adsense lalu gunakan template iklan google adsense tersebut
  3. Analisa performa iklan adsense dan pelajari pada konten apa yang memiliki CTR yang bagus. Hal ini mungkin membutuhkan analisa mendalam terhadap target pengunjung yang ingin ditargetkan website/blog.
Selamat ber-blogging ria sambil memaksimalkan performa website agar pendapatan adsense meningkat.

Sumber : http://adsense.blogspot.com/2013/12/optimizing-adsense-revenue-using-google.html

1 comment:

  1. Terima kasi infonya, ditunggu kunjungan balik di http://besteducation99.blogspot.com/

    ReplyDelete

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet