Tuesday 14 January 2014

Tips Keamanan Microsoft Windows

Setiap penyedia layanan internet menyediakan ulasan tentang keamanan yang harus dilakukan oleh penggunanya. Demikian juga microsoft memberikan tips keamanan microsoft windows bagi penggunanya.

Bagaimana cara meningkatkan keamanan microsoft windows ? mari kita ulas satu-persatu kemanan yang harus dilakukan oleh pengguna windows agar terhindar dari serangan cracker maupun orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
  1. Cara mengamankan akun microsoft windows yang pertama yaitu dengan menggunakan password yang sulit ditebak. Bagaimana cara membuat password yang kuat ? Untuk membuat password yang kuat, buatlah password yang sulit ditebak, password winimal terdiri dari delapan karakter, terdiri dari campuran antara huruf, angka dan simbol. Password tidak terdiri dari username, nama asli, nama perusahaan. Tidak dari kata utuh. Tidak menggunakan satu password untuk seluruh password akun layanan internet yang teman-teman gunakan.

  2. Jagalah alamat alternatif email dan telepon info keamanan windows up to date, karena info tersebut akan digunakan oleh microsoft untuk verifikasi dan mengidentifikasi akun teman-teman apabila akun kalian bermasalah. Contohnya apabila teman-teman lupa password atau ada orang yang berusaha mengambil alih akun kalian, microsoft akan menggunakan informasi tersebut untuk mengembalikan akun kalian.

  3. Selalu monitor akun windows kalian dari aktifitas yang mencurigakan. Selalu cek aktifitas yang baru saja teman-teman lakukan. Microsoft memberikan fitur keamanan pada microsoft windows yaitu tab 'Recent Activity' yang merekam segala aktifitas teman-teman seperti kapan login, tempat login. Apabila teman-teman mendapati aktifitas yang mencurigakan maka silahkan klik 'this wasn't me', maka microsoft akan membawa kalian ke halaman untuk mengganti password dan mereview info keamanan akun microsoft kalian.

  4. Install antivirus pada komputer kalian. Beberapa cracker menggunakan malware (malicious software) yang terinstall di komputer tanpa sepengetahuan pengguna windows. Malware ini biasanya disisipkan ketika mendownload software gratis untuk melihat akun media sosial seseorang. Sebelum merubah password microsoft, pastikan tidak ada malware di komputer. Kalau merubah password masih ada malware di komputer, sia-sia saja pekerjaan yang kalian lakukan.

  5. Aktifkan dua langkah verifikasi windows. Two step verification digunakan untuk memverifikasi identitas kalian ketika masuk akun windows. Dua langkah verifikasi windows membantu mengamankan akun teman-teman dari serangan cracker. Apabila teman-teman mengaktifkan dua langkah verifikasi, maka teman-teman akan diminta verifikasi akun setiap login dari device yang baru digunakan.

  6. Selalu update Operating System (OS), browser, dan software-software pada komputer kalian. Kebanyakan para penyedia layanan internet memberikan update keamanan berkala bagi penggunanya untuk melindungi mereka dari serangan cracker. Apabila teman-teman menggunakan windows original, maka aktifkan windows update agar selalu menerima update keamanan dari microsoft.

  7. Hati-hati terhadap email dan website yang mencurigakan. Lebih baik hiraukan email yang tidak jelas pengirimnya. Beberapa virus disematkan dalam attachment email. Hati-hatilah terhadap attachment email dari pengguna yang tidak teman kenal.

  8. Gunakan pop-up blocker pada browser internet kalian. Pop-up windows adalah halaman kecil pada browser yang biasanya dibuat oleh para pengiklan untuk mengiklankan mereka. Pop-up windows bisa juga berisi malware dan kode yang tidak aman. Pop-up blocker pada windows internet explorer secara default telah aktif. Smartscreen filter juga membantu mengidentifikasi malware yang membahayakan komputer teman-teman.
Itulah 8 tips keamanan microsoft windows untuk mengamankan OS sistem keamanan microsoft windows yang teman-teman miliki.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet