Thursday 22 May 2014

Manfaat Open Source

Software Open Source atau program dengan sumber terbuka merupakan program yang bebas untuk diubah sesuai dengan TOS pada program tersebut. Sebelum kita mengulas tentang manfaat open source tersebut alangkah baiknya kita bahas terlebih dahulu tentang pengertian open source.

Menurut wikipedia open source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu/lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola open source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program opensource dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.

Pola open source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berfikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-atik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.

Dari definisi tersebut diatas kita dapat mendapatkan manfaat dari kode sumber (source code) software yang ingin kita kembangkan tanpa harus membuat dari awal. Dengan bergabung ke komunitas open source tersebut kita bisa
mengembangkan agar tujuan dan manfaat open source lebih terasa lagi bagi penggunanya.

Manfaat open source pun tidak hanya buat individu karena bisa di downloan gratis, manfaat open source bagi dunia bisnis juga ada yaitu dengan menggunakan program sumber terbuka perusahaan dapat memangkas anggaran untuk membeli software proprietary yang membebani dan menambah cost perusahaan.

Apabila perusahaan menggunakan program open source, maka budget untuk membeli program proprietary dapat dialihkan untuk keperluan lainnya. Coba berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan apabila menggunakan software berbayar ? apabila para pelaku dunia bisnis mau beralih memanfaatkan software open source akan terasa penghematan yang bisa mereka lakukan.

Selain itu dengan adanya cource code yang diberikan, para pelaku bisnis dapat merubah software sesuai dengan kebutuhan bisnis yang ia jalani. Dengan begitu manfaat open source akan maksimal bagi dunia bisnis.

Perkembangan software open source saat ini tidak kalah dengan software berbayar baik itu dari kualitas software maupun komunitas open source. Seiring perkembangan layanan internet, komunitas open source pun ikut berkembang, Maka sobat tidak perlu takut untuk mengambil manfaat sistem operasi open source baik untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan dunia bisnis yang sobat jalani.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet