Friday 23 May 2014

Tips Menulis Blog Dari Penulis Profesional

Menulis merupakan ketrampilan tersendiri yang harus selalu diasah agar bisa menulis dengan baik dan benar. Namun kalau belajar dengan cara otodidak tentu akan membuang-buang waktu yang seharusnya bisa kita lakukan lebih cepat untuk menjadi penulis profesional apabila kita mengetahui cara dan tips dari penulis profesional.

Apalagi kalau sobat serius untuk menjadi seorang blogger yang mau tidak mau harus menuangkan ide ke dalam tulisan bagi para pembaca blog yang sobat kelola. Namun apakah mungkin para penulis profesional mau membagikan tips dan cara menulis yang baik ?

Kalau sobat rajin googling, banyak kok blogger yang berbaik hati memberikan tips menjadi penulis profesional sebagai bahan pembelajaran dalam mengungkapkan ide dan wawasan yang kita miliki ke dalam tulisan. Kalau tidak percaya silahkan Googling. Apabila tidak mau mencarinya silahkan sobat baca tips yang telah saya posting. Silahkan dilanjutkan membacanya.


Tips menulis yang pertama dari David Ogilvy mengatakan "Write the way you talk. Naturally" "Use short words, short sentences and short paragraphs" "Never use jargon words like reconceptualize, demassification, attudinally, judgmentally. They are hallmarkds of a pretentious ass" "Never send a letter or a memo on the day you write it. Read it aloud the next morning and then edit it".


Menulislah dengan gaya natural tidak usah mengikuti gaya orang lain dalam menulis. Ketika kita menulis dengan gaya natural sebagaimana layaknya ketika kita berbicara, maka tulisa akan mengalir dengan sendiri dan pembaca pun akan merasakan seakan-akan sedang berbincang-bincang dengan penulis ketika membaca postingan blog kita. 

Tulisan tidak perlu terlalu panjang yang membuat pembaca bosan membacanya. Selain itu gunakanlah bahasa yang mudah dicerna oleh pembaca karena kita tidak sedang menulis untuk penulisan karya ilmiah, Kecuali kalau sobat memang menulis ulang hasil karya ilmiah ke dalam blog sobat.

Tips menulis berikutnya dari Edgar Allan Poe. Edgar menulis tips menulis sebagai berikut ; "A Short story must have a single mood and every sentence must build toward it".

Bentuk tulisan yang bagus harus bisa merangsang pembaca untuk membaca kalimat pertama, kemudian membaca kalimat berikutnya. Pada akhirnya tanpa terasa pembaca blog telah membaca keseluruhan paragraph dari postingan blog kita.

Stephen King memberikan tips blogging dengan mengatakan "Fiction is a lie, and good fiction is the truth inside the lie". Fiksi adalah sebuah kebohongan, dan fiksi yang baik adalah kebenaran dalam kebohongan. Namanya dunia fiksi kan dunia hayal dan imaginasi, jadi yang bisa membawakan cerita fiksi sehingga pembaca menganggap bahwa fiksi itu benar adanya berarti telah berhasil menulis cerita fiksi yang bagus.

Tips bagi penulis blog selanjutnya dari George Higgins memberikan tips blogging "You cannot write well without data". Seorang blogger harus berlandaskan data dari topik yang sedang ditulisnya karena data akan membuat tulisan kredibel dan dipercaya oleh pembaca blog.



Semoga tips dan cara menuangkan ide ke dalam blog dari para penulis professional diatas menambah luas wawasan sobat-sobat dalam blogging.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet