Thursday 5 June 2014

Apa Itu Freelance

Jenis pekerjaan seperti apakah freelancer itu ? apakah kita terikat ketika memutuskan untuk menjadi freelancer ? Kepada siapa kita bekerja dan bertanggung jawab ketika bekerja sebagai freelancer ? Sebelum kita melangkah lebih jauh membahas tentang freelancer, yuk kita cari tahu pengertian freelancer. Apa itu freelancer ?


Kalau kita merujuk ke id.wikipedia.org tentang apa itu freelancer ? freelancer diterjemahkan ke Bahasa Indonesia adalah tenaga lepas / pekerja lepas. Sehingga freelancer adalah seseorang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen kepada majikan jangka panjang tertentu.

Istilah freelancer pertama kali dipopulerkan oleh Sir Walter Scott (1771-1832) dalam novelnya "Ivanhoe" untuk menggambarkan seorang seorang "tentara bayaran pada abad pertengahan".

Bidang pekerjaan apa saja yang bisa kita tekuni untuk menjadi freelancer sukses ? Diantara bidang pekerjaan yang biasa ditekuni oleh seorang freelancer untuk mencari penghasilan adalah sebagai freelancer jurnalisme, penerbitan buku, jurnal, dan bentuk-bentuk pekerjaan menulis, redaktur, redaktur-cetak, pengoreksi-cetak, pengindeksan, penyalin tulisan, program komputer, desan grafis, konsultan dan penerjemah.

Seiring bertambahnya penggunaan internet dan munculnya layanan internet, maka lahan sobat untuk menjadi freelancer sukses pun bertambah misalkan sebagai pembuat desain web, setting server, program server dan masih banyak lainnya.

Cara pembayaran freelancer juga bervariasi. sistem pembayaran untuk freelancer bisa berupa hitungan per jam, hari, halaman dan berbasis proyek. Pembayaran untuk freelancer pun bisa dengan bayar di muka, setelah menyelesaikan proyek.

Semoga postingan blogspot ini bisa menambah wawasan terhadap dunia freelancer dan menjadi jembatan untuk memperoleh pengetahuan lebih luas. Bagi sobat yang menekuni pekerjaan freelance, tidak ada salahnya berbagi pengalaman menekuni dunia freelancer.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet