Sunday 1 June 2014

Mendidik anak memanfaatkan internet

Orang tua harus belajar memanfaatkan internet agar bisa mengajarkan manfaat internet kepada si buah hati.

Pengamat psikologi Amarina Ariyanto sebagaimana diberitakan Natara News menilai orang tua harus tetap memberikan kebebasan kepada anaknya pada masa pra remaja yaitu anak pada usia antara 10-12 tahun dalam memanfaatkan internet.

Mengapa orang tua harus membebaskan si buah hati  dalam memanfaatkan layanan internet ?
soalnya pada masa pra remaja tersebut si buah hati membutuhkan kesempatan dan pengalaman untuk mengembangkan diri dan ketrampilan berinteraksi sosial.

"Penting bagi orang tua agar tetap memberikan kebebasan pada anak pra remaja menggunakan internet. Namun dengan terus memberikan penjelasan penggunaan internet secara bertanggung jawab" kata Amarina dalam diskusi internet sehat di Jakarta.

Masih menurut Amarina, orang tua dapat mengenalkan anak terhadap manfaat internet sebagai sarana penting dalam membantu tugas sekolah, menemukan hal-hal positif yang berkaitan dengan hobi anak.

Untuk mendekatkan diri dengan anak, orang tua bisa bersama-sama dengan mereka dalam menggunakan internet secara bersama-sama. "Jika orang tua tidak dapat berinternet, orang tua bahkan bisa belajar mengenai internet pada anaknya, sebagai upaya memahami perilaku anak dan mengerti bagaimana internet bekerja".

Pemahaman manfaat internet dapat ditingkatkan pada anak usia 12-14 tahu, dimana pada usia tersebut anak mulai aktif menjalankan kehidupan sosial mereka dan lebih cenderung tertarik dengan fasilitas chatting dan memanfaatkan berbagai media sosial online.

Orang tua haru menekankan dan membuat kesepakatan dasar pada anak pada usia ini, diantaranya tidak memberikan  data pribadi kepada siapapun, bertukar foto sembarangan, melakukan pertemuan tatap muka dengan orang yang baru dikenal melalui layanan internet.

Pada usia 14-17 tahun, anak bisa dikategorikan sebagai individu yang mulai matang secara fisik, emosi, intelektual, dan haus akan pengalaman dan terbebas dari ikatan orang tua.  Pada masa ini orang tua perlu memberikan kebebasan disertai dengan arahan terhadap pilihan mereka.
http://m.antaranews.com/berita/421554/cara-mendidik-anak-gunakan-internet

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet