Wednesday 22 January 2014

Cara mengamankan Jaringan WiFi

Salah satu dampak dari jaringan wifi yang telah diretas adalah bertambah lambatnya akses jaringan wifi. Kalau dalam keadaan normal kecepatan akses teman-teman 500kb/s tiba-tiba menjadi 100kb/s itu tanda-tanda bahwa teman-teman harus mulai memperhatikan keamanan jaringan wifi pada tempat kalian. Lalu bagaimana cara mengamankan jaringan wifi ? Berikut tips dan cara mengamankan jaringan wifi dari hacker.

Cara mengamankan jaringan wifi yang pertama yaitu
dengan merubah password wifi kalian. Kalau pada jaringan wifi rumah teman-teman tidak terlindungi oleh password itu artinya siapa saja dapat menggunakan jaringan wifi rumah kalian selama mereka mendapatkan signal wifi-nya. Hal tidak hanya akan membuat jaringan internet menjadi lambat, namun cracker juga bisa menembus jaringan wireles tersebut.

Untuk memasang password pada router wifi, kalian perlu mengakses setting jaringan dengan mengetikkan ip address seperti; 92.168.1.1 atau 192.168.0.1. Ketika berhasil login ke setting jaringan teman-teman akan menemukan jendela untuk untuk memberi password para router wifi kalian agar tidak sembarang orang melakukannya.

Cara mengamankan jaringan wifi yang kedua yaitu dengan mengenkripsi router kalian. Apakah sulit untuk mengenkripsi router ? Ya kedengarannya sulit bagi yang tidak terbiasa sebagai admin jaringan. cara mengenkripsi router biasanya dalam menu yang sama dengan menu untuk membuat password jaringan wifi. Carilah menu encript router. Pada setting jaringan kalian diberi pilihan encripsi seperti WEP, WPA, dan WPA2. Kalian bisa memilih jenis enkripsi WPA2 sebagai jenis encripsi yang paling baru.

Gantilah SSID kalian. SSID adalah ID jaringan router di rumah/kantor kalian ketika log in ke dalamnya. Nama SSID biasanya nama perangkat dari para penyedia broadband. Mengganti SSID akan menghindari dari cracking wifi dan cara mengamankan jaringan wifi lan tersebut.

Tips mengamankan koneksi wifi selanjutnya adalah dengan mematikan guest network. Beberapa pabrikan router wi-fi membuat jaringan guest network agar orang lain dapat mengakses jaringan wifi juga. Apabila layanan guest network wifi aktif, orang lain dapat berinternetan tanpa harus memasangkan perangkat ke router apalagi kalau jaringan wifi tidak memakai password. Kelemahan ini tergantung dari tujuan pemasangan router tersebut.

Tips keamanan router yang terakhir adalah memaksimalkan daerah jangkauan jaringan wifi. Taruhlah router di tengah-tengah ruangan agar seluruh rumah bisa mengakses jaringan wifi. Matikanlah router wifi apabila sudah tidak terpakai sekaligus untuk menghemat tagihan listrik.

Tentu masih banyak cara dan tips seputar keamanan jaringan wifi, menambahkan daftar tips mengamankan jaringan wifi akan membawa manfaat bagi teman lain. So apabila teman mengetahui tips tentang keamanan wireles jangan ragu menambahkannya pada kolom komentar.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet