Thursday 23 January 2014

Peta Peluang Menjadi Netpreneur

Untuk menjadi enterpreneur internet/ netpreneur tentu harus belajar cara-cara menjadi netpreneur. Apa yang teman tangkap dari gambar berikut ?
Gambar diatas merupakan peta peluang menjadi netpreneur khususnya di Negara
Indonesia, Thailand, dan Filipina.

Telah banyak diskusi tentang peluang menjadi netpreneur di Asia Tenggara secara keseluruhan, oleh karena itu penting untuk memahami kesempatan dan cara menjadi netpreneur di kawasan regional. Peta dalam gambar diatas berfungsi sebagai titik awal bagi para netpreneur untuk mencoba peluang mencari uang lewat internet.

Peluang menjadi netpreneur masih terbuka lebar di kawasan Asia Tenggara, karena sebagian besar wilayahnya masih pada tahap awal hingga semi matang. Kategori internet pada peta gambar diatas terbagi menjadi lima kondisi yaitu ; Saturated (terpenuhi), Mature (matang), Semi-mature (semi-matang), Infancy (tahap awal), dan Non-existent (tidak ada).

Peringkat diberikan oleh VC dan pakar industri internet di tiga negara tersebut. Tiap peringkat di masing-masing negara kemudian digabungkan (rata-ratanya dihitung menggunakan populasi dan pendapatan per kapita) untuk menghasilkan peringkat tingkat Asia Tenggara.

Nilai untuk masing-masing negara diambil berdasarkan pemikiran para ahli dan pengambilan nilai rata-ratanya tidak menggunakan variabel relevan yang berpengaruh lainnya seperti internet, kartu kredit, atau penetrasi smartphone. Dengan kata lain, kategorisasi ini lebih tepat disebut sebagai upaya pertama untuk mengembangkan gambaran umum tentang peluang menjadi netpreneur di tiga negara tersebut.

Para enterpreneur harus mencoba mengidentifikasi masalah besar, peluang, dan solusi di pasar berdasarkan kategori-kategori tersebut untuk dapat melakukan pendekatan yang lebih sistematis dari awal. Tingkat kematangan kategori membantu para enterpreneur internet mencari tahu peluang agar berhasil menekuni bisnis di kawasan Asia Tenggara.

Sumber : id.techinasia.com Nitin Mittal

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet