Tuesday 21 January 2014

Cara Menggunakan Internet Untuk Mencari Informasi

Setelah memposting tulisan tentang cara memanfaatkan internet untuk menambah wawasan yang luas dilanjutkan dengan cara menggunakan internet untuk silaturahmi. Pada postingan blog tentang tips untuk blogspot akan mengulas tentang cara menggunakan internet untuk mencari informasi.

Betapa mudahnya mencari informasi di internet, tinggal mengetikkan keyword di mesin pencari kita akan diberikan informasi yang melimpah yang mungkin tidak kita pikirkan sebelumnya.

Internet juga memudahkan bagi mereka yang ingin mencari pekerjaan melalui
internet, karena sekarang tidak sedikit perusahaan yang membuka lowongan melalui internet.

Bagi para peserta didik pun telah berkembang situs-situs pembelajaran untuk menambah wawasan dan informasi seputar hobi kita. Dengan adanya learning management system (LMS) tersebut pun akan lebih memudahkan lembaga pendidikan untuk menyediakan informasi kepada anggotanya lewat situs yang dibuat dengan LMS.

Di era big data sekarang ini, kita juga perlu memilah dan memilih informasi yang kita terima. Apalagi kalau informasi dari anonim yang tidak bertanggung jawab. Bisa-bisa informasi yang kita terima hanya hoax/ berita bohong yang tidak benar adanya.

Kalau kita mengacu kepada id.wikipedia.org, Apa itu hoax ? berikut penjelasan dari wikipedia. Hoax / "sebuah pemberitaan palsu adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu. Salah satu contoh pemberitaan palsu yang paling umum adalah mengklaim sesuatu barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang/kejadian sejatinya. Suatu pemberitaan palsu berbeda dengan misalnya pertunjukan sulap; dalam pemberitaan palsu, pendengar/penonton tidak sadar sedang dibohongi, sedangkan pada suatu pertunjukan sulap penonton justru mengharapkan supaya ditipu".

Oleh karena itu, ketika kita memperoleh informasi dari internet kita juga harus kroscek dan cari kebenaran dari berita internet tersebut untuk menghindari dari informasi hoax.

Dengan cerdas memilih layanan internet dan mencari informasi yang bermanfaat dari internet, kita mendapatkan manfaat yang banyak melalui internet dan tidak mudah kena tipu berita hoax.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet