Wednesday 22 January 2014

Pantau Cuaca Lewat Sadewa

Siapa yang senang di tengah-tengah menikmati hiburan akhir pekan, tiba-tiba di guyur hujan yang sangat deras. Bisa-bisa semua rencana liburan gagal total. Menyedihkan bukan ?

Pada cuaca yang turun hujannya lebih banyak, bahkan menyebabkan banjir di beberapa daerah termasuk di Ibukota Jakarta. Sebelum membuat rencana ketemuan alangkah baiknya memantau cuaca lewat sadewa. Apa itu Sadewa ?

Sadewa adalah salah satu platform yang bisa digunakan publik untuk memantau cuaca recara realtime, terutama potensi hujan pada daerah-daerah yang akan kita kunjungi.

Sadewa merupakan singkatan dari Satellite Disaster Early Warning System, yaitu sistem informasi peringatan dini bencana berbasis teknologi satelit. Platform peringatan dini Sadewa dikembangkan atas kerjasama antara Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), serta beberapa pihak.

Platform sadewa mampu menyuguhkan informasi potensi hujan ekstrem yang bisa mengakibatkan bencana banjir dan longsor sampai jarak 5 km. Terdapat beberapa kotak pilihan di bar bagian atas, diantaranya Hujan, IR1, IR2, IR1-IR2, IR1-IR3, COM, dll.

Apabila memilih informasi tentang huja, maka akan terlihat wilayah indonesia dan tutupan awannya. Peta bisa diperbesar untuk mengetahu wilayah lebih spesifik.

Akan terlihat wilayah dengan tutupan awan berwarna hitam hingga abu-abu. Wilayah yang tertutup awan berpotensi hujan dari hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Pilihan IR1-IR2 menyajikan informasi tentang wilayah yang tertutup awan Cirrus (tipis) atau awan Cumulonimbus. Apabila wilayah tersebut tertutup awan Cumulonimbus (berwarna hijau tua); maka besar potensi wilayah tersebut akan diguyur hujan.

Pilihan IR1-IR3, memperlihatkan wilayah yang tertutup awan tinggi (Cumulonimbus) yang berwarna biru gelap dan awan rendah (Cumulus). Sama seperti pilihan sebelumnya, jika suatu wilayah tertutup awan Cumulonimbus, wilayah tersebut berpotensi mengalami hujan lebat.

Platform pantau cuaca sadewa dikembangkan berdasarkan hasil pengamatan satelit MTSAT, informasi yang disajikan dalam sadewa pun mendekati real time. Sebagai pembanding teman-teman bisa melihat prakiraan cuaca dari situs web Badan Meteorologi, Kilmatologi, dan Geofisika (BMKG).

Ternyata layanan internet juga membawa manfaat dalam menyampaikan pemantauan cuaca untuk kita semua. Semoga informasi seputar perkiraan cuaca ini bisa bermanfaat untuk teman-teman agar terhindar dari hujan lebat dalam perjalanan menikmati liburan dan beraktifitas.

Untuk mengakses platform sadewa silahkan klik : http://60.253.114.151/sadewa30

Sumber : http://sains.kompas.com/read/2014/01/22/1841397/Pantau.Potensi.Hujan.secara.Real.Time.Lewat.Sadewa

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet