Thursday 23 January 2014

Google Tawarkan Informasi Banjir

Sebuah postingan blog tentang bagaimana cara pantau cuaca lewat sadewa telah penulis sampaikan pada tulisan blog manfaat layanan internet untuk kehidupan kita. Pada postingan blog kali ini akan sharing tentang tawaran raksasa mesin pencari google untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Google menawarkan kerjasama kepada
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memberi peringatan dini terhadap bencana dan dampaknya.

Sutopo Purwo Nugroho, kepala pusat data, informasi dan Humas BNPB mengatakan "informasi tersebut akan disajikan dalam Google Public Alerts and Crisis Map". "Mereka akan minta data kepada kita terkait bencana atau kondisi emergency. Nanti mereka akan olah sendiri".

Hasil pengolahan informasi data dari BNPB nanti akan disajikan dalam bentuk peta yang disertai dengan berbagai keterangan terkait bencana. "Misalnya terkait banjir Jakarta, kalau misalnya Katulampa siaga 1, publik sudah bisa tahu mana saja daerah yang mungkin terdampak" jelas Sutopo.

"Kita juga bisa manfaatkan ini untuk pencarian korban hilang dalam suatu bencana", ungkap Sutopo usai menghadiri konferensi pers terkait banjir Jakarta 2014, Senin (20/01/2014).

Sutopo mengatakan, BNPB tertarik dengan tawaran kerjasama tersebut. Ditargetkan, kerjasama akan terwujud tahun ini. Selain dengan Google, BNPB juga berencana menjalin kerjasama dengan Kemkominfo untuk menyediakan SMS Alert. "Konsepnya, ketika orang memasuki wilayah bencana, dia sudah otomatis akan menerima SMS peringatan dini". Jelas Sutopo.

BNPB juga akan bekerjasama dengan operator telepon seluler, sehingga SMS peringatan tersebut tidak berbayar alias gratis.

Sumber :Tribunnews.com

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk menulis komentar yang bermanfaat agar blog http://manfaatlayananinternet.blogspot.com semakin bertambah manfaatnya untuk pengguna internet